Mengapa teman saya kalau mandi mesti pakai air hangat dan bila berkeringat bisa sesak nafas?

AS Info Penanya: AS, Pria, 2019 Tahun
Dok saya punya teman dia kalo mandi mesti pakai air hangat kalo gk gitu dia kena masuk angin .Lagi kalo dia makin berkeringat makin keinginan kadang bisa sesak nafas juga .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan teman anda mengalami alergi terhadap dingin, seringkali tandanya dengan timbul reaksi pada kulit yang disebut biduran. Namun gejalanya bersifat individual, sesak nafas seperti pada asma juga salah satunya. Pencegahannya dengan menghindari udara dingin, makanya teman anda lebih menyukai air hangat.

Penyebabnya dari dalam tubuh, pada beberapa orang memiliki sel yang sensitif terhadap faktor genetik, virus atau penyakit. Suhu dingin memicu pelepasan histamin dan kimia lainnya ke dalam aliran darah dan mempengaruhi pernafasan hingga timbul sesak.

Beberapa faktor risiko untuk alergi dingin adalah usia dewasa muda, kondisi kesehatan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh (contohnya: infeksi, hepatitis atau kanker), dan keluarga dengan riwayat alergi dingin. Anda dapat berdiskusi dengan Dokter terutama dengan keahlian bidang alergi untuk informasi tambahan. Anda dapat minum minuman jahe hangat untuk mengurangi gejalanya, seperti yang tercantum pada artikel cara mengatasi sesak nafas secara alami.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung terasa gatal dan bersin terus-menerus saat di kantor merupakan gejala Anda mengalami rhinitis alergi

Pekerjaan Anda Memicu Alergi? Ketahui Cara Mengatasi Alergi dengan Tepat

Ada kalanya seseorang mau tidak mau harus bekerja di lingkungan yang rentan menimbulkan alergi. Jika ini yang terjadi, pastikan tahu cara mengatasi alergi dengan tepat.