Telat haid, apa solusinya?

N Info Penanya: N, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau bertanya, saya wanita usia 22thn, saya pada bulan kemarin (juni) saya mulai haid di tanggal 25 atau 26, nah sementara bulan sekarang (juli) sudah lewat tanggal 25 bahkan sudah tanggal 31 Juli ini saya masih belum haid, mood saya sudah berantakan dikarenakan saya khawatir dan mungkin saya stres karena sampai hari ini saya masih belum haid. Note: saya belum menikah dan saya belum pernah berhubungan seks, mohon untuk penjelasannya Dok, dan mohon info untuk bagaimana cara mengatasinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terjadinya haid diatur oleh sistem hormon tubuh yang kompleks. Sehingga apabila ada satu atau lebih hormon yang berubah atau tidak seimbang, siklus haid bisa saja terganggu, bisa terlambat, lebih cepat, bahkan sampai berhenti.

Penyebab Terlambat Haid

Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan keterlambatan haid adalah stres, dimana kondisi stres memicu beberapa hormon tubuh untuk berubah. Misalnya, hormon kortisol yang akan meningkat, dan lama-kelamaan memengaruhi hormon haid juga. Jadi, apabila Anda menjadi stres karena keterlambatan haid Anda, maka haid akan makin terlambat.

Selain stres, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita yang belum pernah berhubungan intim adalah:

  • Kelelahan fisik, misalnya karena terlalu banyak berolahraga
  • Program penurunan berat badan yang terlalu ekstrim
  • Sering begadang atau tidak cukup tidur berkepanjangan
  • Pola makan yang tidak sehat, misalnya junk food atau minuman dengan pemanis buatan
  • Sindrom ovari polikistik
  • Gangguan hormon tiroid

Oleh karena itu, hal pertama yang sebaiknya dilakukan saat ini adalah mengelola stres dengan melakukan beberapa manajemen tertentu seperti latihan napas, yoga, maupun meditasi. Selain itu, usahakan konsumsi makanan bergizi, tidur cukup, dan bergerak aktif atau berolahraga rutin.

Apabila selama tiga bulan berturut-turut tak kunjung haid juga, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Apabila diperlukan, dokter akan memberikan obat hormonal agar haid bisa datang kembali. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.