Mengapa tambalan gigi lepas terasa nyeri?

RA Info Penanya: RA, Pria, 19 Tahun
Dokk gigi depan saya berlubang dan saya sudah tambal gigi saya tetapi setelah beberapa bulan gigi saya terasa sangat sakit dok dan gigi tambalan nya Pun sudah goyang dan kemarin copot saya kira karna tambalannya sudah goyang jadi sakit ternyata pas tambalannya copot sakitnya masih ada dan nyut nyutan rasanya ini kenapa ya dok mohon kasih saran yaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, RA.

Proses tambalan gigi merupakan pengaplikasian benda asing pada gigi Anda untuk memperbaiki struktur dan melindungi gigi. Menambal gigi biasanya dilakukan pada gigi berlubang atau pada gigi patah. Tambalan gigi terkadang dapat menyebabkan nyeri, penyebabnya yaitu:

1. Terdapat kebocoran pada tambalan.

2. Peradangan pada pulpa atau pulpitis.

3. Infeksi. Dapat terjadi karena infeksi gigi disekitar tambalan.

4. Reaksi alergi terhadap bahan tambalan.

Tambalan yang lepas pada gigi berlubang tentunya akan membuat lubang tersebut terbuka kembali. Jika lubang gigi sudah mencapai saraf gigi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan merasakan nyeri karena makanan atau kuman yang masuk akan mengenai saraf. Untuk itu, biasanya Dokter Gigi akan mereparasi kembali tambalan Anda agar tidak terasa nyeri. Konsultasikan dengan Dokter Gigi Anda untuk tindakan lebih lanjut. Untuk sementara, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen hanya untuk meredakan nyerinya.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tambal gigi saat hamil sebaiknya dilakukan ketika usia kandungan memasuki trimester kedua

Tambal Gigi Saat Hamil, Boleh Tidak Ya?

Kesehatan gigi saat hamil tetap harus dijaga. Namun membayangkan harus melakukan prosedur tambal gigi saat hamil memang menimbulkan kekhawatiran. Jika diperlukan, tambal gigi saat hamil paling tepat dilakukan pada trimester kedua kehamilan.