18 Nov 2020, 19:04Penyakit Lainnya

Mengapa takut kehilangan pasangan setelah berhubungan intim?

L
Info Penanya: L0
Sore dok, saya remaja usia 19 tahun. Kenapa ya dok, setelah pertama kali saya melakukan hubungan intim dengan pasangan saya rasa takut kehilangan dia mulai muncul dibenak saya? Apa mungkin dok ini tanda overthinking?
1278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Berhubungan seksual memang suatu kebutuhan bagi orang dewasa karena selain menyalurkan hasrat seksual juga berfungsi untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pasangan, untuk menjalin ikatan yang lebih dekat dan intim. Namun sebaiknya hubungan seksual ini dihindari bila Anda masih belum menikah, karena selain tidak ada jaminan pasangan Anda akan menjadi suami Anda nantinya, juga untuk mencegah penularan infeksi menular seksual.Perihal Anda yang setelah berhubungan seksual merasa takut kehilangan pasangan Anda maka bisa saja terjadi karena Anda berpikir bahwa keperawanan Anda sudah hilang dan memaksa Anda harus tetap bersama pasangan Anda. Karena bila nantinya Anda berganti pasangan maka akan mengecewakan pasangan Anda kelak karena Anda sudah tidak perawan lagi.

Beberapa bahaya seks di luar nikah:

  • Terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Bila sampai terjadi kehamilan dan Anda berpikir untuk menggugurkannya dengan obat-obatan maka bisa saja terjadi kecacatan pada janin Anda.
  • Infeksi menular seksual.
  • Hilangnya rasa percaya diri dan merasa tidak bisa memilih laki-laki lain karena Anda sudah tidak perawan lagi.
Sebaiknya cari kegiatan lain yang bermanfaat dan menikah saja bila memang sudah cocok dan sudah siap berumah tangga.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilinfeksi menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil