Mengapa sudah dua hari bercak coklat disertai riwayat haid tidak teratur dan keputihan ?

RA Info Penanya: RA
Selamat sore dok, mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya, 2 hari belakangan ini ada bercak coklat yg keluar dari vagina saya tetapi tidak berbau dok. sebelumnya saya sering keputihan yang berlendir lengket seperti lem. umur saya 19 tahun dan saya belum pernah berhubungan intim sama sekali ,setiap saya menstruasi saya merasa lemas dan senggugutan. menstruasi saya juga tidak beraturan dok. itu gejala apa ya dok? besar harapan saya untuk dokter menjawabnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bercak coklat atau flek diluar waktu haid mungkin merupakan bagian dari gangguan siklus haid. Sebagain besar wanita mungkin pernah mengalami gangguan siklus haid dalam hidupnya, dan pemicunya mungkin berbeda-beda pada setiap individu. Pada dasarnya keadaan siklus haid yang tidak teratur disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Namun terdapat beberapa faktor pemicu yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan haid tidak teratur, diantaranya adalah :
  • Berat badan yang tidak normal, adanya penurunan atau kenaikan yang ekstrim
  • Konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  • Kondisi medis seperti sindroma polikistik ovarium (PCOS), gangguan tiroid dan sebagainya

Mengenai keluhan bercak coklat Anda, yang disertai oleh riwayat haid yang tidak teratur, keputihan dan rasa lemas saat haid mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang perlu ditelusuri pemicunya. Apabila Anda belum menemukannya, sebaiknya diperiksakan ke dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk sementara Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk membantu melancarkan siklus haid Anda :
  • Berolahraga secara teratur, terutama yoga
  • Mencapai berat badan ideal Anda
  • Mengonsumsi air jahe, larutan cuka apel, bubuk kayu manis dan buah nanas
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D dan B

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami yang dialami oleh kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda menstruasi (PMS) bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, keram perut, payudara bengkak, mood berubah, dsb. Umumnya tanda menstruasi terjadi 5 hari hingga 2 minggu sebelum menstruasi datang.