29 Jan 2021, 09:33Kandungan

Mengapa setiap masa subur keluar lendir bening dari miss v?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, ketika masa subur, miss v saya selalu mengeluarkan lendir bening. Apakah itu hal biasa atau menjadi gejala dari suatu penyakit?
325 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Keluar lendir bening saat masa subur adalah sesuatu yang wajar, dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Pada saat masa subur, terjadi perubahan hormon-hormon alami dalam tubuh, yang menyebabkan produksi lendir vagina memang meningkat. Tetapi, harus dipastikan juga bagaimana karakteristik lendir vagina tersebut. Lendir yang normal adalah berwarna bening, tidak berbau, tidak menggumpal, dan tidak disertai rasa gatal pada vagina. Sebaliknya, apabila lendir hijau atau kecokelatan, dan disertai bau, gumpalan, atau rasa gatal, maka hal tersebut tidak normal dan dapat merupakan indikasi suatu penyakit.Nah, coba bandingkan uraian di atas dengan karakteristik lendir vagina Anda. Apabila normal, maka yang kini perlu Anda lakukan adalah menjaga agar vagina senantiasa sehat. Caranya adalah:
  • membasuh vagina setiap habis buang air atau berhubungan intim
  • menggunakan celana yang tidak terlalu ketat, agar vagina tidak lembab
  • rutin mengganti pembalut saat sedang menstruasi
  • mengonsumsi yogurt untuk menjaga keseimbangan bakteri baik vagina
Tetapi, apabila Anda memiliki karakteristik lendir abnormal, segera periksakan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin ya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan apa penyebab dari keluhan Anda, kemudian diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan organ intimmasa suburkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil