Mengapa Setelah Haid Selangkangan Gatal dan Menghitam?

I Info Penanya: I, Pria, 2019 Tahun
Dok sy klu hbis haid selangkangan sy gatal dan menghitam .it 2minggu belum tentu sembuh.dan sy udah ganti2 merek pembalut tp hasilnya sm.obat apa yg bisa menyembuhkan gatal.yg oles dulu pernah sy beli di apotik obat minumnya keras .sy gk berani lg terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi.

Terimakasih IY atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Kondisi gatal dan menghitam pada daerah selangkangan dapat diakibatkan oleh beberapa penyakit. Penyakit tersebut antara lain ialah:

1. Tinea Cruris

Tinea cruris disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Saat haid, akibat penggunaan pembalut terjadi penekanan pada daerah selangkangan dan membuat lebih lembab serta hangat. Kebersihan yang kurang dan kondisi lembab merupakan faktor risiko tumbuhnya jamur pada selangkangan. Infeksi jamur menimbulkan gatal, bekas garukan yang berulang inilah yang dapat menimbulkan warna kulit menjadi kehitaman.

2. Dermatitis kontak alergi

Kondisi dermatitis kontak alergi adalah gatal pada kulit yang timbul akibat kontak dengan alergi terhadap bahan tertentu. Alergi terhadap bahan pembalut ataupun bahan pakaian dalam dapat mencetuskan rasa gatal. Gatal yang digaruk terus menerus dapat menimbulkan bekas kehitaman.

3. Dermatitis kontak iritan.

Terkena bahan yang mengiritasi dapat mencetuskan gatal dan perih pada selangkangan.

4. Dermatitis intertriginosa.

Pada lipatan-lipatan kulit, dapat terjadi gesekan terus menerus. hal ini dapat mencetuskan peradangan pada kulit dan menimbulkan rasa gatal.

Lalu hal apa yang dapat dilakukan untuk mencegah gatal pada selangkangan?

  1. Jagalah daerah selangkangan tetap bersih, kering, dan tidak lembab.
  2. Gantilah pakaian dalam anda setiap basah ataupun lembab.
  3. Rajinlah mengganti pembalut serta pastikan anda tidak alergi terhadap bahan tersebut.
  4. Mandi minimal 2 kali sehari dan menggunakan sabun.
  5. Jangan menggaruk. Semakin sering anda menggaruuk, semakin tinggi risiko selangkangan menjadi hitam bahkan terinfeksi.

Apabila keluhan terus berlanjut serta untuk mengetahui penyebab pasti gatal, segera periksakan diri anda ke dokter terdekat.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur dan infeksi bakteri pada vagina dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu

Vagina Gatal? 7 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Vagina gatal adalah salah satu masalah umum yang terjadi pada wanita. Gatal pada vagina bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan infeksi bakteri. Gejala infeksi jamur atau bakteri pada vagina yaitu rasa gatal, keputihan abnormal, sensasi panas atau terbakar, hingga iritasi kulit vagina.