Mengapa setelah berhubungan intim, pasangan mengeluhkan BAK yang nyeri dan mengeluarkan nanah ?

MF Info Penanya: MF, Wanita
dok, saya mau tanya, saya berhubungan intim dgn kekasih saya,,stlh itu dia mengeluh kalo kencing terasa nyeri dan mengeluarkan nanah,,apa itu krn saya dokter,,dan apaa yg harus saya lakukan,,dan obat ap yg hrus dikonsumsi,,utk kembali baik, atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Buang air kecil (BAK) yang terasa nyeri dan mengeluarkan nanah merupakan gejala yang dapat terjadi pada kondisi infeksi. Gejala-gejala tersebut umumnya ditemukan pada penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit gonore ini dapat menyerang pria dan wanita, namun terdapat perbedan gejala pada wanita, dan pada pria BAK disertai nanah merupakan gejala yang khas.

Gejala yang terjadi pada wanita umumnya seperti :
  • Rasa sakit saat berhubungan
  • Demam
  • Nyeri yang tajam di daerah perut bagian bawah
  • Terdapat bercak darah
  • Sensasi terbakar saat BAK
  • Dorongan untuk BAK secara terus-menerus 
  • Hingga sakit tenggorokan

Mengenai pertanyaan Anda, infeksi bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual oral, vaginal dan anal, baik dari pria maupun wanita, maka belum dapat dipastikan infeksi ini pada awalnya dibawa oleh pria atau wanita. Namun, karena dapat saling menularkan, maka segeralah berobat bersama, karena apabila tidak diobati keduanya, maka infeksi dapat berulang dan dapat mengakibatkan komplikasi.

Pengobatan penyakit ini dilakukan dengan pemberian antibiotik oral dan injeksi, maka Anda perlu secara langsung memeriksakannya ke dokter, untuk mendapatkan resep antibiotik yang sesuai dan tindakan injeksi atau suntik yang diperlukan.

Agar kejadian ini tidak terulang, sebaiknya Anda menggunakan kondom saat berhubungan baik secara vaginal maupun oral, dan hindari berganti pasangan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.