Mengapa seringkali merasa tidak pantas untuk bahagia, insecure, dan sedih tanpa sebab?

TR Info Penanya: TR, Wanita, 20 Tahun
dok, sudah 3 tahun saya selalu merasa tidak pantas untuk siapapun, tidak pantas untuk bahagia, merasa menjadi orang paling sedih di dunia ini, dan bahkan tidak sekali dua kali saya melukai diri sendiri. sebenarnya saya ini kenapa? mohon bantuannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TR,

Perasaan kurang bahagia, merasa tidak berharga, merasa sedih, merasa kehilangan minat pada hal yang disenangi, kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, menarik diri dari pergaulan, gangguan tidur, merasa mudah lelah, sampai menimbulkan keinginan untuk melukai diri sendiri merupakan serangkaian gejala yang timbul karena adanya permasalahan pada psikis.

Hal ini perlu dicari apa yang menjadi pemicunya seperti tekanan kehidupan, beban pekerjaan, masalah ekonomi, masalah hubungan dengan keluarga, teman atau pasangan, ataupun hal lain yang bisa memicu stres yang berlarut.

Perlu untuk bisa meredakannya dengan sekedar berbagi cerita pada orang yang dipercaya ataupun orang terdekat, agar bisa mengurangi beban yang dirasakan dan juga membantu menyelesaikan masalah yang terjadi. Perlu juga mengalihkan pikiran pada hal yang lebih positif, memiliki kesibukan harian, mengalihkan pada kegiatan lain, sekedar mengambil waktu liburan untuk menyegarkan pikiran ataupun juga bisa berkonsultasi pada profesional.

Salah satunya karena timbul keinginan menyakiti diri sendiri, ada baiknya bisa berkonsultasi pada profesional seperti psikolog klinis ataupun pada dokter spesialis jiwa. Nantinya akan dilakukan evaluasi dan penanganan yang sesuai baik melalui konseling, psikoterapi ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh WM
20 Feb 2020, 20:10
monggo di buka mba, semoga membantuhttps://wmaziablogs.wordpress.com/2020/02/19/mitos-kebahagiaa/
Dibalas oleh WM
20 Feb 2020, 20:11
https://wmaziablogs.wordpress.com/2020/02/19/mitos-kebahagiaa/
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai hal dapat menentukan perbedaan IQ dan EQ

Inilah Perbedaan IQ dan EQ yang Mungkin Perlu Anda Ketahui

IQ dan EQ merupakan kecerdasan yang sama-sama penting dimiliki oleh manusia untuk mencapai kehidupan yang sukses. Akan tetapi, terdapat perbedaan IQ dan EQ yang harus Anda ketahui untuk mengenalnya lebih jauh.