29 Dec 2020, 08:33Psikologi

Mengapa sering negative thinking ke pasangan?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Sore dok, kenapa ya saya suka negative thinking ke pacar saya? Saya suka takut dia kembali ke mantannya. Saya memang pernah diselingkuhi sebelumnya, jadi kadang masih trauma. Apa ini wajar dok?
4689 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, SL.Sebuah hubungan baik dalam berpacaran maupun berumahtangga, dapat mengalami pasang surut perasaan. Kadang hubungan pacaran membuat seseorang menjadi bahagia, namun tidak jarang pula hubungan tersebut membawa ke perasaan tertekan. Hubungan yang baik antara pasangan akan membuat hubungan menjadi lebih sehat dan harmonis. Hubungan ini harus didasari oleh komukasi yang baik pula antar pasangan.

Apa yang dimaksud dengan negative thinking terhadap pasangan ?

Negative thinking terhadap pasangan memberikan perasaan yang selalu curiga tanpa didasari bukti yang kuat, misalnya saat seorang wanita selalu merasa bahwa pasangannya mempunyai selingkuhan. Kemana pun pasangannya pergi, dia ingin ikut agar pasangan tersebut tidak bisa bersama wanita lain. Negative thinking lainnya seperti HP pasangan yang selalu dicek setiap saat, dan mencoba memblokir semua nomor wanita yang ada. 

Apa penyebab negative thinking ke pasangan ?

Rasa curiga dan cemburu terhadap pasangan wajar terjadi, namun hal ini tidak boleh berlebihan dan harus didasari oleh alasan yang tepat. Jika sebelumnya Anda pernah diselingkuhi oleh pasangan Anda, Anda harus berpikir positif kenapa hal tersebut bisa terjadi. Apakah ini disebabkan oleh perasaan tertekan dan tidak nyaman yang pasangan Anda alami terhadap semua sikap Anda. Sebaiknya Anda mencoba memperbaiki diri dan berpikir positif. Beri kebebasan lebih terhadap pasangan Anda. Dengan begitu pasangan akan merasa nyaman, dan tidak akan berselingkuh lagi. 

Apakah ini merupakan gejala trust issue ?

Trust issue keadaan dimana saat seseorang merasa kesulitan dalam mempercayai orang lain baik pasangannya, orantua, keluarga dan teman bisa karena rasa trauma kehilangan sebelumnya, trauma pernah diselingkuhi, atau trauma karena dikhianati. Gejala yang Anda alami bisa disebabkan oleh gejala trust issue ini. Anda harus berpikir positif dalam menghadapi segala sesuatu termasuk dalam hubungan pacaran. Buang semua rasa curiga yang berlebihan.Jika perasaan curiga dan negatif thinking yang Anda rasakan sudah terlalu menganggu hubungan Anda dan pasangan, serta menyebabkan Anda merasa tertekan karenanya, Anda dapat berkonsultasi langsung bersama pasangan ke pskiater yang ada.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
post traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasangangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil