Mengapa semakin banyak jenis gangguan jiwa langka, apa yang menyebabkan semakin banyak yang menderita penyakit kejiwaan ?

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Dok,saya kan pernah mencari di internet berbagai gangguan jiwa langka.Pertanyaan saya kenapa gangguan jiwa semakin bertambah contohnya alice in wonderland,aliend hand syndrome dan lain-lain padahal dulu jumlah nama gangguan jiwa tidak sebanyak ini? kenapa semakin banyak orang yang terkena gangguan jiwa atau mengalami penyakit kejiwaan? lalu bagaimana cara kita memperlakukan orang yang memiliki gangguan jiwa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo MO, selamat siang.

Terima kasih telah bertanya di SehatQ.

 

Semakin banyaknya jenis gangguan jiwa memang untuk penyebab pastinya belum diketahui, tetapi ada kecenderungan dari gejala penyakit lain yang diderita sehingga mempengaruhi bagian otak yang mengatur seperti perasaan, persepsi, termasuk indera manusia, pengaruh dari mengkonsumsi obat - obatan tertentu seperti yang bersifat halusinasi yang terdapat dalam beberapa antibiotik, ketergantungan obat anti nyeri tertentu, dan adanya infeksi.

Penyebab semakin banyak penderita gangguan jiwa yaitu :

  • Bisa disebabkan oleh faktor keturunan
  • Berhubungan dengan faktor ekonomi
  • Merasa rendah diri
  • Terlalu obsesi
  • Masalah percintaan
  • Kurang bergerak atau beraktivitas membuat seseorang menjadi malas keluar rumah seperti berolahraga, bersosialisasi dan menikmati pemandangan dapat meningkatkan depresi
  • tidak bisa memanajemen stress

Cara memperlakukan seseorang yang menderita gangguan jiwa seperti jangan dijauhi dan menganggap rendah mereka, memahami perasaan yang mereka alami, menjadi pendengar yang baik, jangan memakai kata - kata yang menyinggung jika ingin memberikan nasihat atau memberi tahu yang salah, dan menanggapi setiap perkataannya tanpa emosi dengan berpikir bahwa mereka sedang sakit terdapat gangguan pada bagian otak yang membuat mereka berpikir dan bertindak seperti itu. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Clara

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaga kesehatan mental Anda sebagai cara menjaga kesehatan jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mental yang Baik

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan sebagai cara menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kondisi kejiwaan seperti depresi, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.