Mengapa self quarantine penting?

T Info Penanya: T, Wanita, 20 Tahun
Hai dok, saya kemarin diberikan kebijakan work from home oleh perusahaan untuk karantina sendiri dirumah. Sebenarnya mengapa itu perlu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ZZ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Self quarantine atau istilah lainnya yang disebut dengan social distancing adalah upaya untuk memastikan diri dan orang lain dalam jarak yang cukup aman dalam menghindari penyebaran wabah virus corona (COVID-19) dengan tindakan berdiam di rumah, menghindari keramaian, sebisa mungkin tidak bepergian jika tidak mendesak. Cara ini diperkenalkan oleh ilmuan dan telah diterapkan oleh berbagai negara yang terkena COVID-19 dan dinilai cukup efektif dalam memperlambat penyebarannya.

Kepentingan Self quarantine atau Social Distancing

Penting untuk melakukan social distancing dalam periode penyebaran COVID-19 yang sedang mewabah saat ini karena dapat mengurangi penyebaran COVID-19 secara langsung, yang terjadi melalui droplets atau percikan air liur dalam jarak yang cukup dekat. Sedangkan dari sisi individu yang telah terinfeksi tetapi tidak menyadarinya karena tidak memunculkan gejala yang signifikan dan memiliki imunitas yang cukup baik, perlu untuk menjauhkan diri dari keramaian yang dapat juga diartikan sebagai Self quarantine, agar tidak menyebarkan virus tersebut pada orang lain.

Hal ini juga berhubungan dengan kemampuan seseorang yang terinfeksi sebagai carier yang dapat memberikan kontaminasi pada sarana atau fasilitas publik yang kemudian disentuh oleh banyak individu sehingga penyebaran sari satu orang tersebut dapat mencapai puluhan hingga ratusan orang lainnya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah saat melakukan self quarantine dan social distancing meliputi :

  • menjaga kebersihan personal dengan senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut  
  • senantiasa menjaga kebersihan rumah
  • mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan
  • tetap aktif bergerak dengan mengusahakan untuk berolah raga ringan dan beraktivitas diluar pekerjaan yang dilakukan didepan laptop

Berikut pula saya lampirkan artikel tips kerja dari rumah (work from home) yang dapat Anda terapkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pandemi adalah epidemi yang menyebar ke beberapa negara atau benua

COVID-19 Ditetapkan Sebagai Pandemi, Apa Artinya?

Pada 11 Maret 2020, WHO menetapkan penyakit COVID-19 sebagai suatu pandemi. Akan tetapi, belum banyak orang yang mengetahui apa itu pandemi?