31 Oct 2019, 20:44Kandungan

Mengapa sejak setelah melahirkan hingga anak 6 bulan hanya haid satu kali ?

AT
Info Penanya: AT0
Selamat Malam dok, mau tanya. Waktu saya habis melahirkan, saya langsung dapat haid 1 bulan lebih ,tapi sekarang sampai saat ini. Saya belum dapat" haid juga, anak saya sekarang usia 6 bulan lebih. Terima kasih.
40839 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, AT.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Gangguan haid pasca melahirkan merupakan hal yang umum dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya proses penyesuaian hormon yang disebabkan oleh proses persalinan, kelelahan fisik karena merawat bayi dan keadaan jiwa ibu. Haltersebut juga dapat dialami ketika ibu menyusui. Saat ibu menyusui hormon yang menghasilkan ASI akan meningkat. Hormon tersebut dapat menekan kesuburan dengan menekan hormon yang merangsang produksi telur, sehingga siklus haid menjadi tidak normal, hal ini juga mengapa menyususi secara ekskklusif dapat dijadikan metode KB alami yang mana efektivitasnya diperkirakan dapat mencapai 98% apabila usia bayi kurang dari 6 bulan dan ibu sepenuhnya menyusui.Berikut saya lampirkan artikel terkait sebagai informasi tambahan.Terdapat beberapa tips yang dapat Anda coba untuk membantu melancarkan haid, diantaranya :
  • mulai untuk kembali berolah raga
  • mengonsumsi larutan jahe
  • mengonsumsi kunyit
  • aktif berhubungan intim kembali dengan suami 
Apabila haid tidak kunjung datang pada bulan-bulan berikutnya, sebainya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang sesuai.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
siklus haidhaidmenstruasiibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil