Mengapa sedotan stainless steel lebih aman daripada sedotan plastik?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saat ini kan sedang trend mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless, itu sebenarnya aman nggak sih dok buat kesehatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Di masa sekarang, plastik sudah menjadi salah satu penghasil limbah terbanyak. Bahan plastik yang sulit terurai seringkali menjadi perhatian para pecinta lingkungan. Karena alasan tersebut, banyak orang yang beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, misalnya menggunakan botol minuman sendiri, menggunakan tas belanja non-plastik, atau menggunakan sedotan stainless steel.

Ketimbang sedotan plastik atau non-plastik lainnya, sedotan stainless steel memiliki lebih banyak manfaat, yaitu:

  • Lebih ramah lingkungan
  • Hemat biaya, karena dapat digunakan bertahun-tahun
  • Bisa dibawa ke mana saja
  • Tidak mengandung BPA seperti plastik yang berisiko bagi kesehatan
  • Tidak rentan jamur seperti sedotan bambu

Nah, jika Anda memutuskan untuk beralih ke sedotan stainless steel, jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih setiap habis digunakan. Belilah sikat khusus untuk pembersih sedotan. Basahi sikat dengan air dan sabun, kemudian gerakkan turun-naik ke dalam lubang sedotan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar sedotan, lalu bilas di bawah air mengalir.

Dengan memulai dari satu langkah kecil, Anda ikut berkontribusi untuk menciptakan dunia yang minim limbah plastik. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memeriksa tekanan darah secara rutin dapat membantu memonitor kesehatan Anda

Kenali dan Atur Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Darah

Hipertensi maupun hipotensi adalah kondisi medis meliputi tekanan darah yang dapat dicegah. Mengenali faktor yang mempengaruhi tekanan darah dapat membantu Anda untuk bisa mengatur tekanan darah agar tetap normal.