Mengapa scaling gigi itu penting?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 29 Tahun
Hi dok, apa benar kalau scaling gigi itu harus rutin dijalankan? Karena saya sudah tidak melakukan scaling sejak 1 tahun yang lalu. Mohon informasinya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore FF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi. Plak gigi adalah lapisan tipis berwarna kuning atau putih yang menempel pada gigi.

Plak terbentuk ketika bakteri bercampur dengan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung. Plak yang dibiarkan hingga mengeras dan bercampur dengan air liur akan memicu terbentuknya karang gigi.

Selain untuk membersihkan plak dan karang gigi, scalling juga bermanfaat untuk :

  • Mencegah penyakit periodontitis
  • Mengurangi asam dan enzim yang berlebih yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut yang dapat merusak jaringan
  • Memelihara kesehatan gigi dan gusi

Scalling atau pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali. Setelah scalling sebaiknya konsumsi makanan sehat dan kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis, berhenti merokok, kurangi asupan kafein, rutin mengganti sikat gigi jika sikat gigi sudah rusak. Jika membutuhkan konsultasi lebih lanjut kunjungi dokter gigi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala karies gigi adalah gigi berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman

Deteksi Karies Gigi Sejak Dini dan Ketahui Cara Mengatasinya

Karies gigi dapat diatasi dengan mudah dan lebih murah jika terdeteksi secepat mungkin. Salah satu gejala karies gigi adalah sebagian gigi Anda berubah warnanya menjadi cokelat atau hitam. Selain itu, apa saja gejala yang dapat Anda kenali?