Mengapa saya sering cemas berlebihan, negatif thinking, dan panik, apakah saya kelainan?

AA Info Penanya: AA, Pria, 2019 Tahun
dokter , saya ingin bertanya saya sering merasakan rasa cemas yang berlebihan, selalu negatif thinking , Tiba tiba panik dan pikiran suka tidak karuan apakah saya mengalami kelainan? terimakasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AA,

Gangguan cemas berlebihan, negatif thinking, panik, dan keluhan yang lainnya bisa jadi merupakan gangguan yang merupakan kondisi medis dan butuh penanganan lebih lanjut.

Rasa cemas merupakan sesuatu yang wajar, namun apabila sudah mengganggu aktivitas, dan membuat diri merasa sulit bekerja dan beraktivitas maka anda membutuhkan bantuan profesional.

Periksakan diri anda ke dokter spesialis psikiatri untuk mendapatkan pemeriksaan dan konsultasi yang tepat serta penanganan tepat mengenai kondisi anda.

penyebab cemas berlebihan antara lain:

  • gangguan keseimbangan hormon serotonin dan noradrenaline pada tubuh penderita sehingga cemas berlebihan
  • terdapat aktivitas berlebihan dari pusat pengendalian prilaku di otak
  • faktor keturunan dan lain-lain

Dokter spesialis psikiatri mungkin akan melakukan terpai CBT (cognitive behavioral terapi) dan bila diperlukan akan memberikan obat untuk mengatasi gangguan cemas.

yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengurangi cemas:

  • berolahraga teratur
  • meditasi
  • hindari penggunaan alkohol, rokok, dan zat adiktif lainnya

salam sehat,

dr. Patricia oktaviani

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tolak ukur suatu perilaku dianggap penyakit psikologis adalah perilaku itu mengganggu fungsi kognisi

Langkah-langkah Diagnosis Penyakit Psikologis

Penyakit psikologis dapat disebabkan oleh banyak faktor. Diagnosis suatu penyakit psikologis harus dilakukan dengan bantuan psikiater dan psikolog. Salah satu tolak ukur suatu perilaku dianggap penyakit psikologis adalah perilaku itu mengganggu fungsi kognisi. Ada tiga angkah yang dilakukan untuk mendiagnosis seseorang, yaitu pengumpulan informasi, analisis informasi, dan pembentukan diagnosis.