Mengapa saya sering buang air kecil, apakah bahaya atau masih normal?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat siang. Saya mengalami gejala sering buang air kecil, sekitar 3-4 jam sehari. Namun pada saat buang kecil itu tidak sakit, dan lumayan banyak juga airnya, selain itu warnanya jernih. Apakah itu berbahaya atau masih batas normal? Mohon penjelasannya, Terimakasih ;)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RA

Terima kasih atas pertanyaannya, saya akan coba jawab.

Seberapa banyak dan frekuensi kencing yang dibilang tidak normal. Kalau dari jumlahnya lebih dari 3 liter. Sering kencing dibedakan dengan mengompol dimana kencing tetap keluar walaupun ditahan. Kebanyakan orang kencing 6-7 kali tiap harinya (dengan total air minum sebanyak 2 liter). Bila menganggu aktivitas sehari-hari juga disebut tidak normal. Biasanya problem sering kencing bisa diatasi dengan latihan kecuali bila ada kondisi klinis seperti diabetes sebagai penyebabnya. Kencing adalah cara tubuh membuang zat sisa seperti asam urat, urea dan rancun yang telah disaring oleh tubuh. Organ yang berperan adalah ginjal.

Penyebab Sering Kencing

Terlalu banyak cairan yang masuk, apalagi bila cairan tersebut mengandung kafein atau alkohol. Pada malam hari bisa menganggu waktu tidur. Sering kencing juga bisa berasal dari kebiasaan masing-masing pribadi. Kondisi klinis pada ginjal, saluran kencing, diabetes, kehamilan atau gangguan prostat pada laki-laki.

Penyebab atau faktor lainnya :

- kecemasan

- efek samping obat

- infeksi saluran kemih

- gangguan otak dan stroke

- batu ginjal atau saluran kencing

- luka di saluran kencing

- infeksi menular seksual

Penanganan Sering Kencing

Pengobatannya tergantung faktor penyebabnya, misalnya pada penderita diabetes adalah dengan mengurangi kadar gula darahnya. Bila ada infeksi diberikan antibiotik. Atau obat-obat lain yang dipandang perlu oleh Dokter anda.

Ada beberapa jenis latihan yang dapat anda lakukan :

  1. Latihan kegel : lakukan tiap harinya, terutama bagi yang baru melahirkan karena menguatkan otot pelvis dan saluran kencing untuk menopang kandung kemih.
  2. Bladder training : latihan menahan kencing lebih lama
  3. Monitor jumlah cairan yang masuk

Anda juga perlu makan makanan yang sehat dan tinggi serat, hindari makanan yang memancing kencing seperti coklat, makanan pedas dan pemanis buatan. Termasuk kurangi juga asupan kopi dan alkohol.

Semoga penjelasan saya bermanfaat,

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandung kemih dapat mengalami berbagai penyakit, mulai dari infeksi, hingga kanker

10 Penyakit pada Kandung Kemih yang Harus Diwaspadai

Seperti organ lainnya, kandung kemih dapat mengalami beberapa masalah yang mengganggu fungsi normalnya. Penyakit kandung kemih yang umum terjadi adalah infeksi kandung kemih hingga kanker kandung kemih.