Mengapa Saya Buang Air Kecil Bernanah?

F Info Penanya: F, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya kenapa setelah pipis terasa nyeri dan mengeluarkan sedikit gumpalan nanah bercampur darah?sehari setelah onani
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam.

Terimakasih F atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Buang air kecil bernanah dan nyeri dapat menjadi tanda adanya peradangan pada saluran kemih. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih yang berkepanjangan, dapat memicu terbentuknya nanah pada saluran kemih. Kurangnya kebersihan pada daerah kelamin dapat menjadi salah satu faktor risiko infeksi saluran kemih.

2. Infeksi pada Ginjal

Ginjal merupakan tempat penyaringan darah hingga menjadi air kencing/urin. Apabila terjadi infeksi langsung pada ginjal dapat terjadi pembentukan nanah sebagai campuran antara sel radang, sel-sel mati, serta kuman. Nanah yang terbentuk dapat ikut keluar bersama urin.

3. Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual merupakan penyebab tersering dari kencing nanah. Hal ini paling sering disebabkan oleh klamidiasis ataupun gonore. Infeksi menular seksual dapat terjadi akibat berganti-ganti pasangan hubungan seksual dan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Biasanya pada kondisi gonore dan klamidiasis nanah berwarna kuning kehijauan. Rasa nyeri dan panas seperti terbakar saat buang air kecil juga merupakan gejala tersering.

Oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium untuk menetukan penyebab pasti keluhan kencing nanah Anda. Segeralah periksakan diri Anda di dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

RA
23 Sep 2019, 00:41
Udah coba pake paketan herbal tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.