Mengapa radang tenggorokan sering muncul lagi?

W Info Penanya: W, Pria, 18 Tahun
Penyebab radang tenggorokan sering muncul dan setelah sembuh muncul lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W

Terima kasih atas pertanyaannya.

Radang tenggorokan sering timbul karena mekanisme pertahanan saluran nafas atas. Setelah hidung saluran pernafasan akan berlanjut ke tenggorokan. Bila membuka mulut dari rongga mulut selanjutnya adalah tenggorokan. Sehingga potensi penyebab radang bisa masuk dari dua jalur. 

Pada penderita flu, hidung tersumbat atau sinusitis, seringkali terjadi tetesan lendir dari hidung ke tenggorokan. Lendir tersebut memberi reaksi radang pada tenggorokan sehingga merangsang timbulnya batuk untuk mengeluarkan lendir. Jadi disarankan bila ada flu atau hidung tersumbat agar lendirnya bisa dikeluarkan. Misalnya dengan obat dekongestan untuk melancarkan hidung tersumbat. Dan sebaiknya ingus dikeluarkan jangan ditelan.

Kemudian dari jalan mulut, biasanya pengaruh makanan atau minuman selain itu bisa juga dari udara. Karena udara yang masuk tidak difilter oleh bulu hidung bila masuknya dari mulut. Udara kering, asap atau debu bisa memberi reaksi ke tenggorokan. Begitu juga minuman dingin, makanan panas, berbumbu, berminyak, kopi, coklat atau rokok semua bisa mengakibatkan radang tenggorokan.

Bila radang tenggorokan anda sering kambuh, hal tersebut diatas harus dihindari. Apalagi bila ada riwayat alergi di keluarga sehingga tenggorokan lebih sensitif dibanding yang tidak memilki alergi. Demikian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang tidak parah bisa menggunakan madu, air lemon, hingga soda kue

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami di Rumah

Sakit tenggorokan, yang kerap muncul saat demam, pilek, atau flu, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Pada sakit yang tidak parah, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan, dengan bahan alami di rumah. Beberapa bahan alami tersebut antara lain madu, air lemon, dan minyak kelapa.