30 Sep 2020, 20:50Kandungan

Mengapa puting payudara tidak keluar?

F
Info Penanya: F, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya kenapa puting payudara saya tidak keluar dok, biasanya kalau di raba putingnya keluar, sesudah itu tidak muncul lagi dok, padahal umur saya sudah 20 thn, apakah kalau sudah hamil puting saya bisa keluar sendiri dok, tanpa di raba, kalau tidak bisa keluar, lalu bagaimana dok..? Mohon d jelaskan ya dok
385 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, F.Puting payudara yang tidak menonjol keluar dapat merupakan kondisi yang normal atau abnormal. Dikatakan normal apabila puting masih dapat keluar ketika udara dingin, diraba, atau bergairah secara seksual. Lalu, ketika faktor-faktor yang menjadi pemicu tersebut menghilang, puting akan kembali tidak menonjol.Akan tetapi, apabila puting sama sekali tidak dapat keluar sekalipun berada di suhu yang rendah atau mengalami rangsangan, bisa jadi itu adalah suatu abnormalitas. Secara umum, kelainan puting payudara yang tidak menonjol dibagi menjadi dua jenis, yaitu flat nipple (puting payudara datar) atau inverted nipple (puting payudara masuk ke dalam). Berdasarkan uraian yang disampaikan pada pertanyaan Anda, puting yang keluar saat diraba dan tidak muncul kembali setelahnya kemungkinan termasuk kondisi normal dan wajar. Apabila memang normal, maka saat hamil dan menyusui, Anda tidak akan mengalami masalah berarti.Tetapi, untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter laktasi saat nantinya sedang hamil atau menyusui. Apabila memang ada kondisi yang tidak normal pada puting Anda, dokter akan melakukan beberapa tindakan agar puting payudara dapat keluar.

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan payudara, ya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam keseharian Anda:
  • Menggunakan bra yang sesuai ukuran, tidak terlalu ketat atau longgar
  • Memberikan kesempatan bagi payudara untuk 'bernapas' dengan melepas bra saat tidur
  • Berolahraga rutin untuk mengencangkan otot dada, seperti push up
  • Hindari rokok dan mengonsumsi minuman beralkohol untuk mengurangi risiko kanker payudara
  • Lakukan pemeriksaan SADARI secara rutin di rumah
Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menyusuiputing lecetpayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil