Mengapa perut sering kencang, nyeri pinggang dan perut bawah pada usia kehamilan 35 minggu ?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 34 Tahun
Dok saya lagi hamil 35w1h perut sering kenceng,pinggang sakit sama nyeri pas di atas vagina baik kanan maupun kiri perut juga sakit itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada saat kehamilan, banyak gejala yang dapat dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari gejala mual, muntah dan pusing yang dikenal sebagai gejala morning sickness, dan umumnya dirasakan pada trimester awal kehamilan, hingga perut kencang yang dapat dirasakan sepanjang kehamilan, dari trimester awal hingga akhir, namun dengan penyebab yang berbeda-beda.

Mengenai keluhan perut kencang yang Anda rasakan pada usia kehamilan 35 minggu atau periode trimester akhir kehamilan, umumnya dapat disebabkan oleh kontraksi palsu yang dikenal dengan braxton-hicks yang lebih intens dan menjadi semakin sering. Hal ini juga terjadi karena rahim sudah mulai mempersiapkan keadaan untuk persalinan.

Ketika usia kehamilan sudah memasuki waktu yang cukup, umumnya kontraksi yang semakin sering tersebut memiliki ciri-ciri perut yang kencang disertai nyeri. Anda dapat menghitung frekuensi dan interval perut yang terasa kencang tesebut, apabila sudah semakit intens dan cepat, mungkin merupakan kontraksi dna Anda dapat memeriksakannya ke rumah sakit.

Apabila tidak disertai gejala lainnya, seperti keluarnya flek atau darah, nyeri yang sangat dan dirasakan terus menerus, adanya riwayat darah tinggi dalam kehamilan dan gejala lainnnya yang berisiko, umumnya tidak berbahaya. Namun apabila Anda khawatir, sebaiknya pada saat kontrol kehamilan selanjutnya, Anda mengonsultasikannya kepada dokter Kandungan Anda. 

Sementara Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk meringankan gejala :
  • Hindari keadaan dehidrasi dengan mengonsumsi cukup cairan
  • Hindari menunda kebutuhan ke toilet
  • Mengubah posisi semula pada saat merasakan perut kencang, seperti posisi berdiri ke duduk ataupun sebaliknya
  • Menggunakan air hangat saat mandi
  • Mengonsumsi air hangat, susu atau teh untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika Anda memiliki cukup energi, efek dari berpuasa akan tidak terlalu dirasakan.

Tips Agar Puasa Saat Hamil Terasa Lebih Ringan

Beberapa ahli menganggap bahwa berpuasa tidak disarankan untuk ibu hamil. Meski begitu, terdapat juga penelitian yang menyebutkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa selama hamil dan tidak.