Mengapa perut mual disertai kaki pegal, lemas dan sakit punggung belakang ?

FH Info Penanya: FH, Wanita, 2019 Tahun
Dok, akhir2 ini saya ngerasa mual perut saya sakit kaki saya pegel klo abis bangun dr tmpt tidur selalu lemes dan punggung belakang saya sakit didlm tulangnya. Itu sebabnya kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FH.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Beberapa keluhan yang dirasakan bersamaan dapat bersumber dari satu kondisi medis atau penyakit tertentu, dapat pula merupakan suatu sindroma atau kumpulan gejala. Salah satu kumpulan gejala yang biasanya terjadi adalah sindroma dispepsia. Sedangkan salah satu contoh penyakit yang dapat menimbulkan berbagai gejala adalah anemia dan kondisi medis lainnya seperti kondisi kehamilan hingga kondisi keganasan.

Terkait dengan keluhan Anda, untuk mengetahui akar penyebab dari keluhan-keluhan yang Anda rasakan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang. Karena apabila tidak diketahui akar penyebabnya, maka pengobatan hanya bersifat simptomatik atau mengurangi gejala tanpa benar-benar mengobati penyebab sesungguhnya. Dimana gejala-gejala tersebut dapat bermunculan kembali setelah efek obat simptomatisnya hilang.

Sementara Anda dapat mencoba air rebusan jahe untuk mengurangi mual, air rebusan kunyit sebagai pereda nyeri dan apabila nyeri sangat mengganggu aktivitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri golongan asetaminofen. 

Selanjutnya sebaiknya diperiksakan secara langsung ke dokter agar dapat diketahui akar penyebab dan ditangani sesuai dengan akar penyebabnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN
18 Dec 2019, 12:04
Dok kenapa yahh, perut mual di ulu ati, kaki juga pegel, lemes
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan sakit punggung dapat dilakukan dengan aktif bergerak atau berolahraga

Gejala Sakit Punggung dan Pengobatannya

Sakit punggung dapat disebabkan oleh aktivitas harian, postur tubuh yang kurang baik, hingga cedera olahraga. Untuk mengobati sakit punggung, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri dan olahraga secara teratur.