Mengapa perut kembung disertai tinja berwarna kuning cerah dan berlendir saat BAB ?

AF Info Penanya: AF, Pria, 31 Tahun
Dok perut saya kembung trus waktu BaB itu tinja saya seperti adonan warna kuning cerah ada seperti lendir nya juga dok kira"tanda penyakit apa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perut kembung merupakan salah satu gejala dari gangguan pencernaan. Dalam bahasa medis gangguan pencernaan disebut dengan dispepsia dan dikenal secara umum dengan Maag. Keadaan dispepsia sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berkisar dari pola makan dan pola hidup yang kurang baik, stres, hingga kondisi medis tertentu.

Mengenai keluhan perut kembung pada Anda yang disertai dengan tinja yang berwarna kuning cerah dan berlendir mungkin disebabkan oleh beberapa keadaan seperti mengonsumsi jenis makanan tertentu yang mengiritasi, infeksi pada saluran pencernaan seperti infeksi parasit, kondisi medis tertentu seperti penyakit celiac dan kondisi lainnya.

Apabila keluhan berlanjut disertai gejala diare, nyeri perut, demam ataupun gejala gangguan pencernaan lainnya yang dapat mengganggu aktivitas sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan tersebut dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu meringankan gejala tersebut :
  • mengonsumsi larutan jahe yang digeprek atau direbus
  • mengonsumsi bubuk kayu manis
  • hindari dulu makanan yang sulit dicerna (terlalu berminyak, berlemak, gurih, terlalu asin atau mengandung pengawet) dan dapat mengiritasi lambung dan usus (pedas, kafein)
  • mengonsumsi makanan kaya probiotik

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.