Mengapa perut bagian bawah sakit nyeri?

PJ Info Penanya: PJ, Wanita, 19 Tahun
Pagi dok..saya wanita 19 tahun.. Belakangan ini saya merasakan nyeri di bwah prut sebelah kiri.. Saya non muslim.. Saya bekerja di sebuah toko yg mayoritasnya muslim.jdi mereka puasa saya pun ikutt.. Semenjak itu saya jarang minum smpai akhirnya perut bagian kiri saya sakitt..Apakah penyebab nya dok???Adakah cara mudah menyembuhkannya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PJ,

Sakit perut adalah keluhan yang bisa timbul apabila ada masalah seperti dari saluran pencernaan seperti maag, iritasi usus, ataupun bisa karena masalah saluran kemih.

Pada wanita sendiri apabila terjadi nyeri perut bawah bisa lebih beragam kemungkinannya karena bisa juga dipicu oleh masalah organ reproduksi seperti misalnya jika nyeri haid atau gangguan organ reproduksi.

Untuk itu perlu perhatikan apabila sering mengalami nyeri perut bawah, perhatikan ada tidak keluhan lain seperti masalah buang air kecil yang jadi lebih sering atau perih, ada tidak mual atau muntah, ataupun gejala lain.

Untuk sementara yang perlu dilakukan untuk mengatasi nyeri perutnya adalah:

  • Upayakan tetap cukup minum
  • Hindari menahan buang air kecil
  • Makan dengan teratur
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung

Apabila bekerja ada baiknya sebelum bekerja sudah sarapan, dan diwaktu istirahat bisa upayakan makan, jika tidak enak pada teman lain bisa cari tempat yang tidak mengganggu teman lain untuk makan. 

Karena jika tidak bisa kambuh-kambuhan dan menimbulkan luka dilambung. Bisa minum obat maag seperti antasida sebelum makan, bisa minum 3 kali sehari agar membantu mengurangi gejala. Tapi perlu diingat obat ini tidak menyembuhkan, jadi perlu tetap menjaga asupan makannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh nyeri haid.

7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Sakit perut sebelah kiri bawah disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti diverkulitis, hernia, nyeri haid, maag, batu ginjal, gas di saluran pencernaan dan konstipasi.