Mengapa penderita dyspepsia harus ambil darah?

SL Info Penanya: SL
Dok, tadi pagi saya pergi ke puskesmas. Katanya saya dyspepsia dan perlu melakukan pengambilan darah. Kenapa ya dok saya harus melakukan pengambilan darah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Dispepsia adalah suatu sindrom yang yang memunculkan perasaan tidak nyaman pada area perut karena adanya gangguan pada pencernaan. Karena merupakan sebuah sindrom, maka perlu diketahui penyebab dari dispepsia yang mana biasanya berasal dari adanya penyakit tertentu pada saluran pencernaan seperti gastritis, GERD, tifoid, tukak lambung atau karena kondisi medis yang lainnya.

Adapun beberapa tanda dan gejala dari dispepsia adalah sebagai berikut:

  • Adanya rasa tidak nyaman pada perut terutama pada area ulu hati
  • Mudah kenyang dan disertai rasa tidak nyaman setelah makan
  • Adanya rasa panas terbakar pada ulu hati
  • Mual dan atau muntah
  • Purut terasa penuh atau kembung

Selain karena adanya penyebab yang berasal dari gangguan pencernaan seperti yang sudah disebutkan di atas, dispepsia juga bisa dikarenakan oleh masalah pola hidup sehari-hari seperti sering mengonsumsi makanan pedas/berlemak/berminyak, sering mengonsumsi kafein / alkohol / soda, sering menunda jam makan, stres, efek sampingd ari obat-obatan tertentu, merokok, dan lain sebagainya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, dilakukan pemeriksaan laoratorium darah untuk dapat mengetahui penyebab dari dispepsia yang Anda alami, apakah karena adanya penyakit tertentu seperti infeksi bakteri, untuk mendeteksi adanya perdarahan saluran cerna yang mengakibatkan anemia, atau karena penyakit lainnya.

Untuk itu, usakahan makan tepat waktu, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, hindari stres, serta jika dirasa keluhan tidak membaik periksakan kembali diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.