Mengapa pasca operasi hernia harus menggunakan closet duduk?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, 2 tahun yang lalu saya operasi hernia. Dulu dokter saya selalu mewanti-wanti untuk tetap menggunakan closet duduk saat buang air besar. Memangnya kenapa ya dok tidak boleh jongkok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Hernia merupakan suatu keadaan di mana ada benjolan di bagian organ tubuh bagian bawah bisa di testis, perut, lipat paha atau bagian tubuh lainnya, akibat dari lemahnya jaringan ikat atau jaringan otot. Beberapa faktor penyebab hernia ada usia yang semakin tua, batuk lama, cedera pada bagian perut, mengangkat beban berat, kehamilan, berat badan berlebihan, dll.

Gejala yang sering muncul pada hernia adalah benjolan di area tubuh, benjolan yang semakin besar dan nyeri di bagian perut. Secara umum pengobatan untuk hernia ini adalah tindakan operasi.

Beberapa yang perlu diperhatikan setelah operasi :

  • Jangan mengangkat beban berat
  • Konsumsi makana bergizi perbanyak makanan berserat
  • Perbanyak minum air putih minimal 2-3 liter
  • Hindari mengedan
  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, disarankan untuk menggunakakan closet duduk setelah operasi adalah untuk menghindari mengedan dan menekan organ perut bagian bawah di bandingkan dengan menggunakan closet yang jongkok. Jika setelah operasi muncul komplikasi seperti luka yang susah kering, demam, nyeri yang berkepanjangan sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter bedah.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusar bau dapat dicegah dengan membersihkannya secara teratur

Pusar Bau Bukan Hanya karena Jarang Dibersihkan, Begini Cara Mengatasinya

Ketika menggaruk pusar, Anda mungkin mencium bau yang tak sedap. Ternyata pusar bau dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kebersihan yang buruk hingga kista.