Mengapa orang suka menyimpan masalahnya sendiri?

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Dok,Mengapa banyak orang suka menyimpan masalahnya sendiri? apa dampak dari orang-orang yang suka memendam masalahnya tanpa membaginya pada orang lain? lalu bagaimana cara meyakinkan mereka agar mereka mau terbuka akan masalah yang sedang dihadapinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Banyak alasan mengapa seseorang menyimpan atau menyamarkan derita emosi yang disebabkan orang lain atau situasi tertentu. Biasanya dipicu oleh rasa takut. Takut terlihat lemah dan tidak berdaya. Perbedaan cara menyingkapi suatu masalah juga tampak pada pria dan wanita. Pria lebih sering menghindar dalam mengutarakan deritanya karena takut dapat menghilangkan rasa maskulinitasnya. Bisa juga dipicu kejadian dimasa kecil ketika diledek bila bercerita dengan orang lain. Sehingga dengan beranjaknya dewasa lebih menekankan ke harga diri.

Sedangkan wanita khawatir bercerita karena takut akan diatur orang lain, tampak lemah, atau terlalu sensitif. Kadang saat bercerita ke pasangan malah akan menghasilkan reaksi marah sehingga tidak sadar merasa bersalah dan bertanggung jawab sendiri bila ada masalah. Serta ketakutan bila mengutarakan masalah bisa tampak konyol dan tidak normal.

Pada dasarnya orang yang menyimpan sendiri menandakan ketidakpercayaan terhadap orang terdekatnya akan memberi respon yang memberi dukungan, menjaga perasaan atau mengerti akan kondisi yang sedang rapuh. Dan tidak percaya juga kemampuan diri sendiri menghadapi respon dari orang yang diceritakan, sebagai suatu metode pelindung diri.

Cara mengatasinya dengan mendekatinya agar membuka diri, bila sulit dengan orang terdekat bisa menggnakan tenaga ahli seperti psikolog atau terapis. Karena bisa memendam terus dapat mengakibatkan gejala burnout, lebih jelasnya dapat Anda baca di artikel tersebut.

 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)