Mengapa nyeri dada sebelah kanan disertai sakit punggung?

OS Info Penanya: OS, Pria, 19 Tahun
Dok kalo sakit dada sebelah kanan di sertai sakit punggung pengobatan nya seperti apa dan obat nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, OS.

Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh berbagai macam, di antaranya:

  1. Cedera otot atau tulang sekitar dada. Hal ini dapat disebabkan oleh aktivitas berlebih, olahraga, mengangkat beban yang terlalu berat, gerakan berulang seperti mendorong, menarik, atau mencangkul, dan lain-lain. Nyeri dapat terasa sampai punggung, bahu, bahkan lengan. Nyeri yang diakibatkan oleh cedera otot dapat membaik walaupun dalam waktu yang lama. Beberapa cara untuk meredakan nyeri, yaitu: istirahatkan tubuh Anda, kompres air dingin pada daerah yang nyeri, jika diperlukan Anda dapat mengonsumsi paracetamol untuk meredakan gejala nyeri. Memijat keras daerah yang nyeri akan memperburuk keadaan.
  2. Infeksi paru. Peradangan pada paru oleh karena infeksi bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan nyeri. Nyeri biasanya disertai dengan demam, batuk, dan sesak napas. Kondisi ini mengharuskan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Paru.
  3. Naiknya asam lambung atau GERD. GERD merupakan kondisi dimana asam lambung naik sampai kerongkongan. Tidak jarang penderitanya akan mengeluhkan daad yang sakit seperti terbakar, dan sesak napas. Penyakit GERD berhubungan dengan pola makan dan gangguan stres. Jika nyeri yang Anda rasakan seperti terbakar, disertai mual atau muntah, maka Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk penanganan lebih lanjut.
  4. Penyakit jantung. Meskipun letak jantung terdapat di dada sebelah kiri, namun nyeri yang dirasakan dapat menjalar hingga dada sebelah kanan, punggung, dan lengan. Nyeri yang dirasakan seperti ditindih beban berat disertai sesak napas dan dapat berkurang dengan istirahat. Jika Anda mengalami nyeri seperti ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk penanganan lebih lanjut.

Perlu diingat, nyeri dada tidak selalu meunjukkan gejala penyakit jantung. Seringkali nyeri dada disebabkan oleh cedera otot yang tidak disadari oleh penderitanya terutama jika nyeri dada tidak disertai gejala lain. Cobalah untuk beristirahat dan kompres air dingin pada lokasi nyeri. Anda dapat memijat lembut bagian yang nyeri. 

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan langsung tidur setelah makan akan membuat Anda mengalami GERD dan menambah berat badan

Masih Terbiasa Tidur Setelah Makan? Pencernaan Bisa Bermasalah

Banyak yang mengatakan bahwa berbaring setelah makan akan membuat tubuh gendut dan perut buncit. Faktanya, tidur setelah makan hanya akan menambah beban kerja pencernaan dan merusak kualitas tidur.