Mengapa miss V keluar cairan sebelum berhubungan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, mau tanya. Kenapa ya setiap akan berhubungan saya merasa vagina saya sudah mengeluarkan cairan, padahal kami baru pemanasan. Akibatnya jadi saat berhubungan terasa seperti berair dan membuat tidak nyaman, dok. Mohon solusinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Cairan yang keluar dari vagina sebelum berhubungan intim adalah cairan pelumas, yang berfungsi untuk mempermudah proses penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina). Apabila cairan pelumas tersebut tidak diproduksi, maka vagina akan kering dan menimbulkan nyeri saat proses penetrasi. 

Penyebab Miss V Terlalu Becek

Cairan pelumas diproduksi apabila seorang wanita merasa terangsang. Tetapi, normalnya, cairan tersebut diproduksi dalam jumlah normal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu becek. Vagina yang terlalu berair dapat menyebabkan berkurangnya kepuasan, terutama dari pihak pria. Hal ini disebabkan karena gesekan menjadi tidak terlalu terasa, dan terasa kurang 'menjepit'.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan vagina terlalu berair, yaitu:

  • Berhubungan intim pada saat ovulasi atau masa subur
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal seperti pil
  • Perasaan sangat bahagia dan menikmati hubungan intim yang akan dilakukan
  • Kegemukan
  • Jika cairan berbau atau berwarna selain putih susu, bisa disebabkan oleh infeksi vagina

Untuk mengakalinya, Anda dapat membasuh vagina dengan air dingin sebelum berhubungan seksual. Selain itu, Anda dapat mengelap lembut vagina dengan handuk sebelum proses penetrasi. Lalu, usahakan agar berat badan selalu ideal ya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski risikonya lebih rendah, seks oral tetap berpotensi menularkan penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual Ini Sering Tertular Melalui Seks Oral

Meski dapat meningkatkan gairah, seks oral nyatanya bisa memiliki risiko penyakit menular seksual. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan risiko penyakit menular seksual akibat seks oral begitu saja.