Mengapa Mengeluarkan Suara Saat Tidur Ketika Flu, Radang Tenggorokan Atau Batuk?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 40 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, kenapa setiap saya sakit, entah flu, radang tenggorokan atau batuk, ketika tidur saya selalu mengeluarkan suara erangan? Tapi itu terjadi kalau saya sakit saja, ketika sembuh tidak mengerang lagi. Apakah ini juga suatu penyakit, dan bagaimana mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi Y,

Kondisi ini mirip ketika meniup seruling. Ketika kita meniup seruling dengan semua lubang terbuka, bunyi tidak akan dihasilkan. Akan tetapi ketika kita menutup salah satu lubangnya, udara yang kita tiup akan terbentur oleh jari kita sehingga menyebabkan vibrasi dan mengeluarkan bunyi.

Nah sama juga dengan ketika saluran nafas kita tersumbat oleh lendir atau terjadi pembengkakan/radang, aliran udara tidak akan bebas keluar masuk. Aliran udara ini akan membentur bagian-bagian yang keras pada saluran nafas dan tercipta turbulensi sehingga menyebabkan bunyi.

Cara mengatasi :

  1. Minum air putih yang banyak
  2. Irigasi hidung
  3. Gunakan tetes/semprotan hidung
  4. Mandi air hangat sebelum tidur

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat, 

 

dr. Jeng Yuliana

Y
26 Jul 2019, 14:07
Terima kasih penjelasannya, Dok..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masuk angin biasanya dirasakan ketika seseorang terkena virus dan merasa tidak enak badan

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Tepat? Dengarkan Sinyal Tubuh Anda

Perut kembung, mual, demam, dan tidak enak badan merupakan gejala masuk angin. Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana Anda mendengarkan sinyal dari tubuh.