Mengapa mengalami biduran setiap hari ?

NM Info Penanya: NM
Malam dok. Saya sudah sebulan lebih mengalami bengkak2 seperti biduran setiap harinya di seluruh tubuh saya dan itu sangat panas dan gatal, saya selalu kena di saat malam hari dan pagi hari. Kira-kira itu kenapa ya dok saya selalu mengalami itu setiap hari? Dan semakin hari itu semakin banyak ada di di area tubuh saya. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NM.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Biduran adalah reaksi kulit yang membentuk ruam berupa benjolan dipermukaan kulit yang kemerahan dan disertai dengan sensasi gatal. Biduran dalam bahasa medih dikenal dengan urtikaria dan seringkali dipicu oleh reaksi alergi. Namun terdapat beberapa faktor lainnya yang dapat memicu biduran, seperti sengatan serangga, garukan, tekanan kencang pada kulit seperti ikatan, suhu tertentu, infeksi, makanan atau minuman tertentu, stres, olahraga dan cahaya matahari.

Terkait dengan pertanyaan Anda, biduran yang dirasakan seringkali dan jika sudah melebihi 6 minggu merupakan keadaan yang kronik. Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai faktor pemicu yang Anda memiliki sehingga dapat ditangani dan jika perlu dihindari pemicunya. Sebaiknya Anda meriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengkajian sejarah medis Anda serta jika perlu dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah ataupun prosedur pemeriksaan kulit khusus.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi kekambuhan biduran :
  • Menggunakan lotion kalamin
  • Menggunakan bedak salisil
  • Mandi dengan air yang telah dicampur dengan baking soda setiap malam 
  • Mengonsumsi obat anti histamin dengan resep dokter
  • Meningkatkan imunitas dengan pola makan sehat dan jika perlu mengonsumsi suplemen echinacea

Pada keadaan kornik sebaiknya dilakukan rawat jalan oleh dokter, agar kekambuhan gejala dapat ditekan hingga bisa sangat berkurang.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sengatan lebah umumnya meninggalkan bentol dan bengkak pada kulit

Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Sengatan lebah dapat menimbulkan bekas luka berupa benjolan dan bengkak yang terasa sakit. Pada sebagian besar kasus, mengobati sengatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan obat-obatan yang dijual bebas maupun bahan alami.