Mengapa mata terasa perih saat terkena angin?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, kenapa ya kadang-kadang mata saya terasa perih ketika ada angin? Apa ini tanda-tanda alergi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Mata adalah salah satu indera yang berfungsi untuk melihat. Apabila mata mengalami gejala seperti pedih, gatal, merah, atau kabur, tentunya fungsi penglihatan akan terganggu. Otomatis, kegiatan sehari-hari juga akan terganggu. 

Nah, salah satu masalah yang cukup sering dialami adalah mata perih ketika tertiup angin. Penyebab hal ini kemungkinan besar adalah benda asing yang masuk ke mata seiring angin berhembus, seperti debu atau partikel kecil lainnya. Benda asing tersebut dapat memicu reaksi iritasi ataupun alergi, yang pada akhirnya membuat mata terasa perih.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan kacamata berlensa plano (kosong) untuk melindungi mata. Dengan demikian, benda asing tersebut tidak akan masuk ke mata, dan iritasi tidak akan terjadi.

Tetapi, apabila sudah terlanjur perih, maka Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan, agar mata menjadi lebih lembab. Atau, jika disertai dengan merah dan sangat gatal, atau produksi kotoran mata yang meningkat, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis mata karena dikhawatirkan ada infeksi lanjutan. 

Akhir kata, selalulah jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin A yang cukup, seperti wortel, tomat, dan paprika merah. Berikan waktu istirahat bagi mata, jangan menatap gadget dalam waktu yang lama. Serta, pastikan pencahayaan cukup apabila sedang menggunakan gadget maupun membaca. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Belek mata yang mengganggu penglihatan biasanya disebabkan oleh gangguan pada mata

Penyebab Mata Belekan, Alergi Hingga Infeksi Bakteri

Mata belekan ketika bangun tidur mungkin adalah hal yang wajar. Namun, penyebab mata belekan sebaiknya tidak disepelekan, terutama jika sudah berurusan dengan bakteri.