Mengapa lidah terasa pahit setelah makan cabai?

SL Info Penanya: SL
Sore dok, tadi siang saya makan cabai untuh saat makan dendeng balado. Kok aneh ya dok, lidah saya tiba-tiba merasa pahit. Apa penyebabnya? Apa ini tanda penyakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Cabai adalah salah satu tanaman yang kerap ditemukan pada berbagai jenis masakan Indonesia. Rasa pedas yang timbul saat mengonsumsi cabai terjadi karena adanya zat pada cabai yang disebut dengan capsaicin yang mana dapat merangsang serabut saraf dan memberikan efek nyeri pada rongga mulut dan kerap disebut dengan istilah pedas.

Lidah merupakan indera perasa dalam tubuh. Terdapat beberapa area pada lidah yang sensitif terhadap rasa, seperti pada ujung lidah sensitif pada rasa manis, rasa asin pada samping bagian tengah lidah, rasa asam pada bagian samping depan lidah dan rasa pahit pada pangkal belakang lidah. 

Apabila saat mengonsumsi cabai terasa pahit, bisa karena rasa pedas yang berlebihan, bisa karena adanya peningkatan asam lambung, atau bisa juga karena konsisi medis yang lain yang dapat menyebabkan timbulnya rasa pahit pada lidah dan mulut

Adapun beberapa tips untuk membantu mengurangi rasa pahit pada mulut dan lidah adalah:

Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat bila keluhan diarasa belum membaik.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan di telapak tangan kanan dan kiri serta pergelangan tangan

8 Titik Refleksi di Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Pijat refleksi sudah lama terkenal sebagai pengobatan alternatif. Beberapa titik refleksi di tangan dapat mengatasi sembelit, sakit kepala, dan pilek.