Mengapa kulit kepala sering gatal walaupun tidak kering dan berketombe ?

KL Info Penanya: KL
dok, mau tanya kalau kulit kepala sering gatal2 padahal tidak ada ketombe dan tidak kering. Itu kenapa ya? lalu, kalau perlu periksa, ke dokter apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KL.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kulit kepala tidak luput dari bagian tubuh lainnya, perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Beberapa permasalahan kesehatan kerap muncul pada kulit kepala dan umumnya timbul karena higietas yang kurang terjaga dan kondisi medis tertentu yang bersifat genetis atau diturunkan.

Berikut beberapa permasalahan pada kulit kepala :
  • psoriasis kulit kepala
  • kurap
  • kutu rambut
  • ketombe
  • kulit kepala yang kering

Mengenai keluhan gatal pada kulit kepala Anda yang tidak disertai tanda-tanda adanya ketombe ataupun kulit kering mungkin disebabkan oleh faktor lainnya. Pastikan untuk senantiasanya menjaga higienitasnya dengan mencuci rambut secara teratur dan memilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut. Dan Anda juga dapat mencoba menggunakan produk yang alami atau produk organik, untuk mengurangi paparan zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan kulit kepala.

Apabila keluhan gatal pada kulit kepala tersebut berlanjut sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut guna mencari penyebab dari keluhan Anda sehingga Anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermatitis seboroik ditandai kekuningan pada kepala bayi

Hindari Komplikasi, Begini Cara Menangani Dermatitis Seboroik pada Bayi

Dermatitis seboroik pada bayi menimbulkan gatal atau rasa sakit yang mengganggu bayi. Pengobatan kerak kepala pada bayi yaitu mengoleskan minyak zaitun atau petroleum jelly, keramasi bayi.