Mengapa kulit hidung dan dagu merah disertai benjolan seperti jerawat batu ?

KS Info Penanya: KS, Pria, 19 Tahun
Kenapa hidung saya merah dan kulit sekitar dagu saya merah serta sering benjolan seperti jerawat batu dok dikeduanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. KS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kulit hidung dan dagu merah merupakan hal wajar jika dialami sesekali ataupun ketika ada pemicu yang jelas seperti tumbuhnya jerawat pada daerah tersebut, atau terpapar nya kulit oleh sinar matahari yang cukup lama hingga menyebabkan terbakar (sunburn). Namun, apabila keadaan ini menetap dan tidak jelas pemicunya, bisa saja merupakan gejala dari suatu kondisi medis pada kulit.

Beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala tersebut adalah :

Kondisi yang paling sering terjadi adalah rosacea, dengan gejala utama, yaitu :

  • kemerahan pada wajah terutama di daerah yang meliputi hidung, pipi, sebagian dahi dan dagu, yang menetap
  • terdapat benjolan seperti jerawat, yang dapat berisi nanah jika terinfeksi
  • rasa nyeri pada kulit
  • pembuluh darah kecil terlihat

Penyebab dari rosacea sendiri belum diketahui secara pasti. Kondisi ini diduga berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor pemicunya seperti konsumsi makanan pedas dan panas, minuman beralkohol, bakteri usus, tungau kulit dan bakteri yang dibawanya, suhu ekstrim, dan lain-lainnya.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan Anda sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kulit, sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai.

Apabila keluhan Anda benar disebabkan oleh rosacea, penatalaksanaan yang diberikan umumnya berbentuk krim dan gel atau obat untuk mengurangi kemerahan dan benjolan. pemberian antibiotik mungkin akan diberikan jika diperlukan. Dan hendaknya untuk menghindari faktor-faktor pemicu seperti yang telah dibahas di atas.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

DS
30 Oct 2019, 15:30
Kenapa buk??
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.