Mengapa Kepala Pusing dan Penglihatan Hitam Setelah Berdiri?

BS Info Penanya: BS, Wanita, 2019 Tahun
Kepala pusing setelah berdiri, dan penglihatan hitam sampai beberapa detik kemudian normal kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam.

 

Terimakasih Blue Sky atas pertanyaannya.

 

 

Keluhan kepala pusing setelah berdiri dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, infeksi telinga dalam (labyrinthitis), migrain, stres atau cemas. Selain itu, pusing dapat juga disebabkan oleh kadar gula darah rendah (hipoglikemia), tekanan darah rendah (hipotensi), dan dehidrasi. Salah satu penyebab tersering ialah tekanan darah rendah yang dipengaruhi oleh posisi tubuh, yaitu hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik disebabkan oleh penurunan tekanan darah mendadak akibat perubahan posisi tubuh yang berubah secara cepat. Saat berdiri ataupun bangun tiba-tiba, aliran darah mengalir ke daerah kaki secara cepat serta ditambahkan oleh tarikan gaya gravitasi, akibatnya aliran darah menuju otak otomatis berkurang drastis. Alhasil, keluhan seperti penglihatan hitam (blackout), pusing, maupun kunang biasa dirasakan oleh beberapa orang.  Namun hal ini biasanya tidak berlangsung lama karena pembuluh darah memiliki mekanisme untuk menjaga tekanan darah.

Selain akibat tekanan darah rendah, gejala ini dapat pula disebabkan oleh kekurangan cairan, pengaruh obatan, gangguan jantung, gangguan sistem keseimbangan, ataupun gangguan pada pembuluh darah otak.

Jika hal ini terjadi hanya terjadi sesekali pada diri anda, mungkin and tidak perlu terlalu khawatir. Namun apabila terjadi cukup sering dan diikuti dengan lemah anggota gerak, mual muntah hebat, kejang, ataupun pingsan dalam waktu lama anda harus berkonsulutasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti keluhan tersebut. 

 

Lalu, bagaimana cara mencegah pusing atau penglihatan hitam setelah berdiri atau pun bangun?

1. Bangunlah secara perlahan dan mengurangi gerakan yang tiba-tiba. Seperti yang sudah dijelaskan, perubahan  tekan darah mendadak merupakan salah satu faktor risiko terjadinya gejala ini.

2. Kemiringan kepala saat tidur sekitar 15-20 derajat (4-6 inci). Cek tekanan darah anda secara berkala.

3. Konsumsi garam sekitar 10 g/hari secara hati-hati. Konsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Pastikan konsumsi air yang cukup.

5. Olahraga teratur dapat membantu menjaga tekanan darah anda tetap stabil.

 

Semoga jawaban saya dapat membantu.

 

Salam sehat,

dr. Annissa Fadila

 

BS
22 Sep 2019, 07:00
terimakasih dokter atas jawabannya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab darah rendah harus diketahui agar Anda terbebas dari gejala hipotensi seperti pusing atau kepala terasa ringan

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Berbagai kondisi fisik bisa menjadi penyebab darah rendah. Berbeda dengan tekanan darah tinggi yang sering menimbulkan komplikasi fatal, tingkat bahaya tekanan darah rendah akan tergantung pada penyebab dan keluhan yang ditimbulkannya.