Mengapa keluar busa dari mulut jika minum obat nyamuk?

MB Info Penanya: MB, Pria, 2019 Tahun
selamat malam dokter saya ingin bertanya apakah kematian akibat obat nyamuk yang tertelan selalu dengan keluar busa dari mlut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang pak MB,

Obat nyamuk atau nama lainnya racun serangga merupakan cairan kimia beracun yang penggunaannya harus berhati-hati agar dapat mengendalikan jumlah nyamuk tanpa menganggu  kesehatan manusia. Kandungan zat aktif yang beracun pada obat nyamuk sebut saja DEET, transfluthrin, propoksur, dan pietrin secara keseluruhan disebut golongan organofosfat beracun pada sistem pernapasan, kulit, dan saluran cerna (korosif) bila tertelan, dan terutama kesemuanya mengganggu sistem persarafan. Perlu diketahui bahwa sistem saraf melewati seluruh tubuh mulai dari kepala, dada, perut, sampai saluran kemih. Obat nyamuk menghancurkan enzim-enzim terutama asetilkolin yang berfungsi untuk memutuskan stimulasi saraf berlebih.

Akibat gangguan keseimbangan enzim yang diperlukan untuk memutuskan kerja saraf terjadi hipereksitasi atau hiperaktivitas saraf sebagai berikut:

  • Muscarinic effects : detak jantung melambat, penyempitan saluran nafas, diare, penurunan tekanan darah, produksi air liur dan cairan lambung berlebih
  • Nicotinic effects : diantaranya berkeringat, menjadi tidak tenang bahkan sampai kejang
  • Central nervous system (CNS) effects : Kelemahan otot dan juga kelumpuhan, berbahaya jika otot pernapasan yang berat.

Jadi singkatnya akan selalu muncul gejala mulut berbusa karena produksi cairan liur dan cairan lambung berlebih juga sering diikuti muntah, dan bukan hanya mulut melainkan hidung juga ada busa karena saluran pernapasan juga menjadi hiperaktif berlendir dan menyempit.

Keracunan / mengonsumsi insektida adalah suatu kegawat daruratan yang memerlukan penanganan segera dengan memanggil ambulans dan dibawa ke RS karena dapat menyebabkan komplikasi fatal. Yang dapat dilakukan di rumah ialah:

  1. Pada keracunan akibat tertelan nilai kesadaran pasien dan nilai apakah cairan obat nyamuk yang tertelan bersifat korosif dengan mengamati rongga mulut bibir pasien. Jika diketahui bahwa tertelan kurang dari 30 menit, dengan kondisi kesadaran dan kekuatan baik, serta tidak atau sedikit saja lepuh atau memar pada rongga mulut dapat mencoba memancing muntah pada penderita dengan berikan susu murni atau cairan obat maag (antasida). Usahakan untuk mengeluarkan racun dengan merangsang korban untuk muntah dengan wajah menghadap ke bawah dan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak. Jangan dikerjakan bila penderita lemah atau tidak sadar karena racun dalam lambung tidak akan berhasil dimuntahkan malah akan menyebar ke saluran napas atau tertahan di kerongkongan dan menimbulkan luka bakar di kerongkongan.
  2. Dekontaminasi. Sambil menunggu ambulans tiba, singkirkan baju korban bila mungkin terkena cairan racun serangga, bawa penderita ke ruangan terbuka dengan sirkulasi udara baik, dan perhatikan bila ada tumpahan racun serangga di kulit gunakan air sabun untuk membersihkan. Dekontaminasi bertujuan agar tidak semakin banyak racun yang memasuki peredaran darah lewat pernapasan, dan penyerapan kulit.

Serbagai tambahan selalu berhati-hati menggunakan racun serangga karena biar bagaimana itu adalah racun. Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada di ruangan yang baru disemprot selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam.

Setelah disemprot, ruangan ditutup dulu untuk memberi kesempatan insektisida bekerja membasmi nyamuk sekaligus memberi waktu agar konsentrasi insektisida di dalam udara tidak terlalu pekat.

Sebaiknya sewaktu akan disemprot sprei dan bantal dan kasur dilapisi dengan kain khusus yang setelahnya diangkat agar kita dan anak-anak yang tidur menempel pada kasur tidak mengendus atau menjilat partikel sisa obat nyamuk yang menempel di sprei.

Terakhir bijaklah menggunakan obat nyamuk. Jangan berlebihan menggunakan obat nyamuk tetapi juga gunakan kiat-kiat menghindari demam berdarah berikut ini.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pertolongan pertama sesak napas adalah membantu penderitanya untuk menggunakan inhaler

Jangan Panik! Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Sesak Napas

Sesak napas adalah gangguan yang terjadi saat seseorang kekurangan udara untuk bernapas. Pertolongan pertama sesak napas yang paling sering dan mudah biasanya menggunakan inhaler.