07 Jun 2020, 13:59Infeksi

Mengapa kelebihan sel darah putih berbahaya?

LM
Info Penanya: LM0
Dok, apa benar kelebihan sel darah putih berbahaya bagi tubuh?
16270 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang LM,Sel darah putih adalah komponen atau bagian sel darah yang ada di dalam tubuh, berfungsi untuk melindungi tubuh terutama ketika ada infeksi yang terjadi pada tubuh ataupun ketika ada benda asing di dalam tubuh.Normalnya sel darah putih berjumlah antara 4000-11.000 sel dalam setiap mikroliter darah. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan pemeriksaan darah rutin ataupun pemeriksaan darah lengkap untuk melihat komponen dari sel darah putih.Peningkatan sel darah putih atau disebut leukositosis dapat berbahaya, karena leukositosis mengindikasikan adanya beberapa hal seperti:
  • Infeksi pada tubuh
  • Adanya peningkatan tekanan pada sistem kekebalan tubuh
  • Gangguan pada sumsum tulang
  • Adanya peradangan pada tubuh
  • Efek obat tertentu
  • Mengalami dehidrasi
  • Ataupun karena masalah kesehatan lain seperti kanker, penyakit autoimun, cedera, ataupun reaksi alergi dan aktivitas fisik berat
Cara penanganan untuk menurunkan sel darah putih perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Yang tersering adalah karena adanya infeksi terutama oleh bakteri, sehingga perlu diberikan pengobatan yang adekuat sesuai dengan indikasinya.Jika kadarnya terlalu tinggi jauh dari normal dikhawatirkan mengalami kondisi yang lebih berat ataupun adanya infeksi yang lebih berat seperti misalnya sepsis yang bisa mengancam nyawa. Untuk itu apabila dilakukan pemeriksaan darah dan didapatkan peningkatan sel darah putih diharapkan agar segera berkonsultasi pada dokter yang memeriksa agar diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
leukositosisinfeksisel darahsel darah putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil