Mengapa kadang terasa sakit pada bagian rusuk sebelah kiri ketika bernapas ?

FA Info Penanya: FA, Pria, 24 Tahun
Halo dok, saya mau tanya dok kejadian ini tidak sering tapi tiba2 datang, kejadian ini tiba2 untuk nafas di bagian rusuk sebelah kiri itu perih sekali dok, harus tarik nafas panjang pelan2 lalu setelah itu normal lagi.... ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bernapas adalah hal yang esensial bagi tubuh karena seluruh proses di dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk bekerja. Dalam keadaan normal, bernapas terjadi tanpa usaha yang keras dan terjadi secara alami baik dalam keadaan sadar maupun ketika tidak kita kendalikan secara sadar. Apabila diperlukan usaha yang lebih untuk bernapas dan disertai gejala lain seperti nyeri pada daerah sekitar saluran pernapasan (rusuk), mungkin merupakan suatu gejala dari kondisi medis tertentu.

Berikut beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan rasa nyeri di daerah dada saat bernapas :

  • kondisi medis yang berkaitan dengan otot dan tulang dada (adanya cedera akibat benturan, riwayat trauma fisik)
  • kondisi medis yang berkaitan dengan paru-paru (penyakit pneumotoraks, pneumonia, pleuritis, TBC dan sebagainya)
  • kondisi medis yang berkaitan dengan jantung (perikarditis dan lainnya)
  • kondisi lainnya seperti gangguan pencernaan pada penyakit GERD (refluks asam lambung)

Untuk mendapatkan penanganan yang sesuai, perlu diketahui akar penyebab dari keluhan tersebut. Apabila gangguannya pada otot, umumnya keadaan dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu yang tidak lama. Namun untuk penyebab lainnya diperlukan penatalasanaan yang lebih menyeluruh dan intensif.

Apabila keluhan semakin memburuk dan disertai gejala lainnya seperti sesak napas, nyeri dada berat, pusing dan lain-lainnya, Anda dapat segera datang ke fasilitas kesehatan darurat untuk mendapatkan pertolongan medis yang segera.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.