Mengapa kacamata baru menyebabkan sakit kepala?

DK Info Penanya: DK
Hai dokter, sebenarnya kenapa ya, dok, setiap saya ganti kacamata, kepala saya pasti pusing? Sudah ganti kacamata dari minus satu menjadi minus 1 seperempat tetapi masih pusing, apakah mata saya silinder?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DK,

Kacamata adalah alat untuk mengoreksi apabila ada kelainan penglihatan yaitu apabila ada gangguan refraksi. Kacamata sendiri ada yang digunakan untuk mengatasi  gangguan refraksi seperti rabun dekat, rabun jauh ataupun mata silinder.

Apabila merasa pusing saat menggunakan kacamata, hal ini bisa disebabkan beberapa hal seperti ukuran kacamata yang tidak tepat, gangguan refraksi tidak terkoreksi dengan tepat, frame kacamata yang berat, ataupun penyebab lain seperti misalnya mengalami sakit kepala yang tidak berkaitan dengan masalah mata.

Untuk itu penting menyesuaikan ukuran kacamata dengan gangguan refraksi yang timbul, jadi ada baiknya memeriksakan mata pada dokter spesialis mata dan diperiksakan tajam penglihatannya pada refraksionis sebelum dibuatkan kacamata yang tepat. Nantinya juga bisa digunakan kacamata uji untuk mencoba dahulu apakah lensa sudah nyaman digunakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi orang lanjut usia, pemeriksaan tes mata penting untuk melihat kemunculan katarak pada mata.

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Luka pada kornea mata berbeda dengan katarak. Luka pada korena ditandai dengan munculnya bintik putih saat ulkus kornea. Sedangkan katarak,warna putih muncul pada lensa mata.