Mengapa jika makan jengkol atau petai pipis tidak menyengat

ED Info Penanya: ED, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya.. kenapa saya klo mamakan makanan seperti jengkol atau petai .. pipis saya tidak menyengat apa ada masalah sama ginjal saya.. soalnya kata orang apa bila pipis kita tidak menyengat apa yang kita makan ada masalah sama ginjal .. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi E,

Petai dan jengkol memang merupakan makanan yang digemari sebagian orang tetapi makanan ini dapat menimbulkan gangguan yaitu timbulnya bau mulut ataupun urine yang berbau. Penyebabnya sendiri pada petai dimana petai memiliki kandungan senyawa yang mudah menguap seperti etanol, asetaldehid, hidrogen sulfida dan lainnya yang menimbulkan adanya bau.

Selain itu petai dan jengkol pun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan peningkatan kadar asam jengkolat yang menimbulkan gejala seperti nyeri punggung, mual, muntah, sulit buang air kecil setelah mengonsumsi petai atau jengkol. Apabila sesudah mengonsumsi jengkol atau petai tetapi tidak menimbulkan urine berbau menyengat hal ini dapat dipicu oleh beragam faktor seperti asupan cairan yang banyak dibandingkan konsumsi petai yang tidak terlalu banyak sehingga kadar senyawa petai atau jengkol dalam urine tidak banyak sehingga tidak menimbulkan bau.

Tidak perlu khawatir adanya masalah dengan ginjal kecuali timbul nyeri pinggang, sulit berkemih, urine menjadi berubah warna ataupun adanya pembengkakan pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit ginjal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, daging, dan junk food

Jaga Pola Makan dan Hindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal!

Daging hanyalah satu dari banyaknya makanan penyebab sakit ginjal! Pola makan yang baik mengurangi risiko Anda terkena penyakit gagal ginjal kronis. Ginjal tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran saja, tetapi juga berguna untuk memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah dan menghasilkan vitamin D