Mengapa jahitan bekas melahirkan masih nyeri setelah 2 tahun ?

NM Info Penanya: NM
Assalamualaikum wr.wb selamat malam dokter..saya wanita 32 tahun.. saya mau tanya dok,2 tahun yang lalu saya melahirkan anak ke 2.. pada waktu melahirkan bayi yang saya lahirkan besar dan saya mengalami robaken di bagian kewanitaan dan mendapat beberapa jahitan.. setelah sekian lama jahitan itu koq gak kering .. bila saya berhubungan dengan suami saya rasa nya sakit sekali,padahal sudah 2tahun.. apakah ada yang salah pada jahitan itu dok... mohon di jawab.. terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NM,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Luka dengan masa penyembuhan yang lama disebabkan gagalnya proses penyembuhan. Proses penyembuhan luka terbagi menjadi 3 tahap, yaitu :

1. Fase inflamasi

Fase ini berlangsung selama 4 hari. Biasanya luka masih berwarna kemerahan, terasa nyeri, panas, dan terkadang bengkak.

2. Fase proliferasi

Fase ini berlangsung dari hari ke-4 sampai hari ke-14. Pada fase ini akan mulai terbentuk jaringan baru.

3. Fase remodelling

Fase ini berlangsung dari hari ke-14 sampai 2 tahun. Pada fase ini kolagen akan mulai menutup jaringan luka dan pada akhirnya luka akan mengalami penyembuhan.

Lamanya proses penyembuhan luka dapat disebabkan beberapa hal, seperti ada infeksi, asupan gizi kurang baik, gangguan hormon seperti pada penderita Diabetes Mellitus , ataupun perawatan luka yang tidak tepat.

Gagalnya proses penyembuhan luka biasanya akan tampak pada luka tersebut, berupa kemerahan, tampak basah, keluar darah, bernanah, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan Anda untuk mendapatkan penanganan segera.

Berikut ini saya lampirkan artikel Proses Penyembuhan Luka untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses melahirkan normal adalah salah satu proses paling menyakitkan bagi seorang ibu

Mempersiapkan Proses Melahirkan Normal dengan Berolahraga

Proses melahirkan normal adalah salah satu proses paling menyakitkan bagi seorang ibu. Melakukan latihan otot dasar panggul adalah salah satu cara untuk mengurangi sakit dan memperlancar proses melahirkan normal yang akan Anda hadapi.