18 Nov 2020, 13:06Kandungan

Mengapa jadwal haid maju setiap bulan?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Sore dokter, istri saya sudah tiga bulan haidnya maju terus. Setiap bulan tanggalnya beda-beda, dok. Apa normal hal itu terjadi pada istri saya dok?
270 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, FF.Haid yang normal adalah ketika siklusnya berada dalam rentang 21-35 hari. Siklus adalah jarak antarhaid, yang dihitung dari hari pertama haid saat ini ke hari pertama haid selanjutnya. Jadi, apabila siklus haid seorang wanita berkisar antara 21-30 hari, maka tanggalnya memang akan maju setiap bulannya, dan hal tersebut adalah normal.Sebagai contoh, apabila seorang wanita memiliki siklus haid 25 hari, dan ia mengalami haid pada tanggal 28 September, maka haid selanjutnya akan jatuh pada tanggal 23 Oktober dan 18 November (maju setiap bulan).Nah, pada kondisi istri Anda, perlu ditelaah lebih lanjut bagaimana siklus haidnya. Apabila masih tergolong dalam rentang normal seperti yang telah diuraikan sebelumnya, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Menjaga Haid Tetap Teratur

Agar haid tetap teratur, usahakan keseimbangan hormon senantiasa terjaga. Konsumsilah makanan bergizi yang kaya akan lemak sehat, seperti misalnya alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kelapa, dan sumber lainnya. Konsumsi juga sayur-mayur dan buah-buahan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.Lalu, beberapa kebiasaan yang sebaiknya dijadikan gaya hidup adalah:
  • tidur 7-9 jam pada malam hari, dan tidak memulainya larut malam
  • olahraga rutin 3-4 kali per minggu dengan durasi minimal 30 menit
  • kelola stres dengan melakukan yoga atau meditasi
Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil