24 Mar 2021, 10:49Kandungan

Mengapa ibu hamil susah bab?

E
Info Penanya: E0
Dok, saya merasakan selama proses kehamilan ini sulit sekali buang air besar. Apakah salah satu penyakit orang hamil itu susah bab?
138 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Saat hamil, umumnya dapat terjadi keluhan sembelit. Sembelit yang dialami ibu hamil merupakan efek samping dari peningkatan hormon kehamilan sehingga keluhan ini merupakan keluhan yang normal terjadi. Hormon yang berperan dalam hal ini adalah hormon progesteron, peningkatan hormon progesteron berfungsi untuk mempertahankan kehamilan namun memiliki efek yaitu memperlambat gerakan usus sehingga akhirnya ibu hamil dapat memiliki keluhan kembung, dan sulit BAB.Mengkonsumsi zat besi juga merupakan hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar tidak kekurangan zat besi dan tidak mengalami anemia, namun zat besi juga memiliki efek samping yang dapat menyebabkan sembelit. Maka dari itulah ibu hamil cenderung akan mengalami kesulitan BAB. Disisi lain, adanya stres pada ibu hamil, pola makan yang kurang serat, kurang minum air, dan juga kurang bergerak akan menambah kesulitan untuk BAB pada ibu hamil.

Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Untuk itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk meminimalisir efek sembelit yang mungkin dirasakan dengan cara :
  • Konsumsi makanan tinggi serat
  • Banyak minum air putih,
  • Olahraga ringan teratur
  • Hindari stres
  • Hindari menahan BAB
Tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi pencahar selama mengalami sembelit. Pasalnya obat pencahar dapat menyebabkan timbulnya mulas dan bukan tidak mungkin menyebabkan kontraksi usus yang berimbas pada kontraksi rahim sehingga menyebabkan muncul flek.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
nutrisi ibu hamilkehamilansembelit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil