22 Mar 2021, 21:13Pernapasan

Mengapa harus menutup mulut saat batuk?

L
Info Penanya: L0
Dokter, apakah etika menutup mulu saat batuk sudah sesuai protokol kesehatan yang berlaku? Apa pengaruhnya menutup mulut saat batuk bagi lingkungan sekitar?
149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Batuk adalag refleks tubuh untuk mengeluarkan bakteri, virus atau hal-hal yang dianggap mengganggu tenggorokan atau paru-paru. Namun bukan berarti ketika batuk Anda boleh membuka mulut karena bila Anda membuka mulut maka bakterinya akan terpercik dan bisa saja menyebar ke orang lain. Termasuk salah satunya bakteri Mycobacterium tuberculosa yang bisa menyebar melalui udara.

Cara menutup mulut saat batuk yang benar:

  • Tutup mulut menggunakan tisu dan buang tisunya.
  • Cara paling cepat ketika Anda ingin batuk atau bersin adalah tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas baju bagian dalam.
  • Bila Anda tidak sengaja menutup menggunakan tangan, maka segera cuci tangan setelahnya menggunakan air mengalir dan sabun.
Sehingga Anda harus membiasakan etika batuk yang benar dengan cara di atas agar tidak menularkan penyakit ke orang lain di sekitar Anda. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini maka menggunakan masker dan menerapkan etika batuk yang baik sangatlah bermanfaat untuk mencegah penularan infeksi corona. Pastikan untuk mengganti masker secara berkala setiap 4 jam sekali atau bila masker sudah tampak kotor. Bawa masker cadangan sehingga Anda bisa sewaktu-waktu mengganti masker Anda. Dan jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat agar Anda tetap sehat dan bugar di tengah pandemi corona ini.
Salam sehat,dr. Vina
tbcbatukcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil