26 Jan 2021, 23:21Kandungan

Mengapa haid memanjang setelah lepas suntik KB?

TY
Info Penanya: TY0
Hallo dokter Sebelumnya saya pernah di kuret, dan disarankan sama bidan menggunakan kb 1 bulan. Bulan desember 2020 saya berhenti suntik kb, namun dari tgl 1 januari sampai sekarang saya haid dan perut terkadang nyeri. apakah itu berbahaya atau tidak, Terima kasih.
234 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, TYTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah suntik yang mengandung hormonal dimana berfungsi untuk mencegah kehamilan.  Hormonal yang terkandung pada suntik KB 1 bulanan berfungsi mencegah sperma masuk rahim, mencegah pelepasan sel telur, serta mencegah perlekatan pada dinding rahim.  Selain itu, penggunaan KB juga menyebabkan adanya efek samping. 

Efek samping suntik KB 1 bulan :

  • Menganggu siklus haid.
  • Perdarahan di luar siklus.
  • Sakit kepala.
  • Kram perut nyeri punggung.
  • Peningkatan berat badan.
Terkait yang anda rasakan, haid normalnya berlangsung 2-7 hari.  Ketika lebih dari 7 hari maka terdapat gangguan siklus haid.  Hal ini dapat terjadi karena efek penggunaan KB hormonal.  Pada beberapa wanita, setelah lepas suntik KB 1 bulanan, efek masih akan terjadi hingga 3 bulan setelah lepas suntik.  Selain itu obesitas, stres, sering begadang, gangguan pada hormon tiroid, gangguan pada rahim dapat menyebabkan haid memanjang.  Jika haid sudah lebih dari sebulan, tidak ada salahnya periksa dokter kandungan guna memastikan keluhan anda karena efek hormonal KB atau ada penyakit mendasari.Sementara ini, kompres hangat jika ada nyeri, perbanyak minum air putih, pola hidup sehat, jaga berat badan seimbang, serta olahraga teratur untuk menjaga siklus haid stabil kembali.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil