Berhubungan intim setelah selesai haid, lalu muncul flek cokelat

SP Info Penanya: SP
Selamat sore dok...Saya ingin bertanya, mengapa bercak coklat (flek coklat) muncul setelah 3 hari berhubungan? Apadahal 3 hari yg lalu saya baru selesai menstruasi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SPN.

Hubungan intim adalah hal rutin yang dilakukan pasangan suami istri. Selain untuk mendapatkan momongan, pasangan juga dapat merasa dekat satu sama lain saat berhubungan intim. Oleh karena itu, hubungan intim adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Hubungan intim memang bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Tetapi, hubungan intim idealnya dilakukan tidak pada saat wanita sedang menstruasi, karena berisiko infeksi. 

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, tiga hari yang lalu Anda selesai menstruasi, dan tiga hari yang lalu Anda juga berhubungan. Berarti, Anda berhubungan tepat setelah selesai menstruasi. Ada kemungkinan flek tersebut adalah sisa darah menstruasi, dimana tiga hari yang lalu menstruasi belum benar-benar berakhir.

Selain sisa darah, kemungkinan lainnya adalah bercak implantasi tanda pembuahan, atau infeksi vagina yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Oleh karena itu, sementara disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim dulu dan memantau flek tersebut selama tujuh hari. Jika tidak berhenti atau malah semakin deras, periksakan ke dokter spesialis kandungan, ya.

Lalu, jaga juga organ kewanitaan ya, dengan cara menggunakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan menyerap keringat. Hindari kondisi vagina terlalu kering atau terlalu lembab. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dismenore primer adalah nyeri haid tanpa kaitan dengan penyakit tertentu

Mengenal Apa Itu Dismenore Primer yang Bisa Muncul Saat Haid

Sering nyeri berat saat menstruasi, padahal kondisi Anda sehat? Anda mungkin saja mengalami jenis dismenore primer yang tak berhubungan oleh penyakit.