14 Dec 2019, 09:16Kandungan

Mengapa durasi haid memendek disertai sakit pinggang, mual muntah kemudian sakit perut ?

A
Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dok saya mau tanya ,bulqn oktober aaya haid cuma 3 hari ,dan bulan desember ini saya haid cuma 2 hari saja tgl 1 dan 2 ,dan kemarin pinggang saya sakit pegal" mual muntah juga,sekarang gantian perutku yang sakit itu kenapa ya dok?..
34838 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat Siang. A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Gangguan pada haid atau menstruasi merupakan hal yang mungkin pernah dialami oleh hampir semua wanita. Gangguan tersebut meliputi gangguan siklus haid, durasi dan volume darah haid. Serta dapat disertai gejala tambahan yang tergabung dalam premenstrual sindrom (PMS) seperti nyeri pada berbagai bagian tubuh dan gangguan emosional.Kedua bentuk gangguan dan gejala-gejala yang ditimbulkan tersebut dipercaya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres yang berlebih, penurunan dan kenaikan berat badan yang drastis, penggunaan obat-obatan tertentu, pola makan dan pola hidup yang kurang sehat serta kondisi medis tertentu seperti penyakit pada alat reproduksi ataupun penyakit hormon lainnya seperti penyakit tiroid.Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk melihat kemungkinan adanya penyakit pada alat reproduksi.Untuk sementara, Anda dapat melakukan cara-cara alami berikut untuk membantu mengatasi keluhan Anda, diantaranya adalah :
  • Mengubah pola makan yang tidak baik
  • Cukup istirahat, tidur malam 7-8 jam/hari
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengonsumsi bubuk kayu manis, air rebusan jahe, larutan cuka apel, dan buah nanas
  • Mengonsumsi suplemen vitamin D, makanan kaya vitamin D dan mendapatkan vitamin D yang alami dari sinar matahari
  • Mencoba mempelajari cara mengatur stres yang baik
Apabila keluhan tersebut terus berlanjut atau semakin parah, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kandungan, agar dapat diterapi sesuai dengna faktor penyebab pada Anda.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
siklus haidgangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil