Mengapa dilakukan penambalan gigi sementara ?

IG Info Penanya: IG, Pria, 2019 Tahun
Dok kemarin kan saya pergi ke dokter praktekan untuk tambal gigi ,saya malah di kasih tambalan sementara , gatau biar apa ? Kata dokternya minggu depan baru di tambal permanen , tapi apakah boleh di tambal gigi saya sudah keliatan gusi bawahnya , pernah sakit juga.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IG.

Tambal gigi biasanya dilakukan pada kondisi gigi berlubang. Gigi berlubang tidak selalu dicabut, jika memang masih dapat dipertahankan biasanya gigi berlubang dirawat. Terkecuali memang sudah parah tingkat kerusakannya.

Tindakan medis yang dilakukan tergantung gejala klinis dan hasil pemeriksaan oleh dokter gigi. Untuk mengatasi gigi berlubang dapat dilakukan beberapa hal berikut :

  • Perawatan akar gigi
  • Pemasangan crown (mahkota gigi)
  • Tambal gigi atau filling
  • Pencabutan gigi

Penambalan gigi bisa dilakukan secara bertahap ataupun langsung permanen. Tambal gigi sementara biasanya karena kondisi infeksi gigi yang cukup parah dimana dibutuhkan perawatan akar gigi. Dengan jeda yang diberikan selama 1 minggu diharapkan pengobatan terhadap infeksi ataupun perawatan akar gigi sudah optimal untuk dilakukan penambalan gigi permanen. Untuk lebih jelasnya anda bisa berdiskusi lebih lanjut dengan dokter gigi anda. Saya sarankan anda tetap kontrol kembali untuk dilakukan penambalan gigi permanen.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.