Mengapa demam disertai buang air kecil berwarna kuning agak oranye ?

S Info Penanya: S
Dok saya sedang demam, demamnya lumayan parah sih. saya orgnya jrang bgt sakit. tp yg saya bingung adalah, saya sudah banyak minum tapi pipis saya masih kuning agak ke orange. Sbnrnya saya banyakan minum p*cari sweat sih, krn kata mama saya bagus itu, tp saya masih minum air putih walaupun tdk sebanyak minum p*cari. sbnrnya saya biasanya jg jarang minum putih, walaupun saya minum yg bukan air putih asal banyak minum ttp aja pipisnya bening.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SQ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Demam merupakan indikasi dari aktifnya fungsi kekebalan tubuh yang sedang memerangi organisme seperti bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi. Keadaan demam sendiri ditandai oleh adanya peningkatan suhu tubuh diatas rata-rata suhu normal seseorang, umumnya baru dirasakan saat suhu mencapai 38°C atau lebih. Pada keadaan yang ringan, demam tidak perlu diobati dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 3 hari.

Terkait dengan keluhan demam Anda yang disertai warna urin yang berubah menjadi oranye, dapat disebabkan oleh keadaan dehidrasi. Sesuai dengan keterangan Anda yang kurang mengonsumsi air putih dan lebih banyak banyak mengonsumsi jenis minuman isotonik tertentu. Pada dasarnya jenis air yang paling baik untuk tubuh tetaplah air putih atau air mineral. Anda boleh saja mengonsumsi cairan isotonik namun tetap harus lebih mengutamakan konsumsi air putih apalagi pada keadaan demam karena terdapat penguapan cairan tubuh yang dapat menyebabkan keadaan dehidrasi apabila tidak diimbangi asupan cairan yang cukup.

Selama keluhan urin yang berwarna oranye tidak disertai buang air besar (BAB) dengan feses yang berwarna cerah hal ini umumnya tidak berbahaya, karena tidak mengindikasikan adanya gangguan pada saluran empedu dan organ hati.

Anda dapat mencoba untuk memperbanyak konsumsi air putih dan melihat perbedaan pada warna urin Anda, dan mengompres keadaan demam dengan air suhu biasa di daerah dahi, leher dan ketiak.

Apabila demam berlanjut lebih dari tiga hari atau sudah memasuki hari kelima, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mencari dan menangani sumber infeksi yang memicu demam tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak dapat mengalami dehidrasi bila kebutuhan cairan hariannya tidak tercukupi dengan baik

Penting! Inilah Cara Mengatasi Dehidrasi pada Anak

Kebutuhan gizi harian anak sangat diperlukan untuk menghindari dehidrasi yang berisiko menimbulkan komplikasi. Salah satu cara mudah untuk mengatasi dehidrasi pada anak adalah mengatur menu minuman mereka.